Wabup Tebo Buka Sosialisasi Pemetaan & Resolusi Konflik Dalam Pembangunan IUPHHK-HTI PT LAJ & PT Wanamukti Wisesa, Syahlan: Ini langkah yang tepat dan baik

Sosialisasi pemetaan Resolusi konflik PT LAJ dan PT Wanamukti Wisesa.
TEBOONLINE.COM - Wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan secara langsung membuka sosialisasi Pemetaan & Resolusi Konflik Dalam Pembangunan IUPHHK-HTI PT LAJ & PT Wanamukti Wisesa di Pendopo rumah dinas Bupati Tebo, pada Kamis (13/09/2018).

Selain dihadiri unsur pimpinan PT LAJ dan PT Wanamukti Wisesa serta unsur Muspida dan UPTD PHPL, sosialisasi ini dihadiri oleh Dandim 0416 BUTE Letkol Inf.Wahyu Hadi Soenaryo, Kanit Tipidter IPDA Cindo Katama mewakili Kapolres Tebo, Camat, Kades, Lembaga Adat, Ormas dan Media.


Dalam sambutannya, Syahlan menyambut baik adanya resolusi konflik tersebut. Langkah ini sudah tepat dan baik. Ia mengakui persoalan konflik yang terjadi antara perusahaan dan masyarakat menjadi permasalahan yang harus dicari jalan keluar yang terbaik.

Pasalnya, setiap permasalahan yang mencuat akan kembali lagi ke pemerintah daerah yang dituntut untuk menyelesaikan bersama pihak terkait.


Yang jadi persoalan adalah masalah konflik kehutanan Kabupaten yang tak punya kewenangan karena masalah tersebut berada di kewenangan tingkat provinsi.

Ia berharap ada win-win solution agar perusahan juga mendapat kenyamanan berinvestasi di Kabupaten Tebo.

"Kami dari Pemkab siap memfasilitasi dan memediasi sepanjang itu dibolehkan oleh aturan demi kemaslahatan masyarakat kita," kata Syahlan.

Sementara, Dandim 0416 BUTE Letkol Inf. Wahyu Hadi Soenaryo mengatakan bahwa untuk mencegah konflik kedua belah pihak harus saling bertemu antara perusahaan dengan masyarakat, harapan kami keberhasilan suatu komando adalah minimnya konflik.

"Jadi sekarang bagaimana kita berusaha melakukan agar konflik tidak terjadi, kita harus mengetahui posisi masing - masing," sebut Dandim.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tebo Nuryanto dihadapan undangan berharap agar resolusi ini diharapkan menjadi pencerahan dan kesejukan bagi masyarakat.

Diketahui, Direktur Usaha Jasa Lingkungan dan HHBK Ir. Djohan Utama Perbatasari mewakili Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) pada Senin (20/08/2018) secara langsung membuka Launching pembentukan tim Resolusi konflik PT LAJ dan PT Wanamukti Wisesa di Room Aston Hotel Jambi.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian SK tim resolusi konflik kepada anggota tim resolusi konflik yang baru saja dikukuhkan. Hadir pada acara ini Direktur PT LAJ Meizani Irmadhiany, Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ir Erizal, Kepala BPHP Jambi, Kepala Balai GAKKUM Sumatera, Kepala Balai PSKL wilayah Sumatera, Kepala KPHP Tebo Barat dan jajaran manajemen serta unsur pimpinan PT LAJ dan PT Wanamukti Wisesa. Dirjen PHPL Djohan Utama Perbatasari memberikan SK kepada tim resolusi konflik.

Pada launching itu pula, hadir Kapolres Tebo AKBP Zainal Arrahman, Asisten I Bupati Tebo Amsiridin, Kepala Dukcapil Tebo Prayitno mewakili Bupati Tebo, Kepala kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Tebo Eryanto, Lembaga Adat Tebo, Camat Sumay dan Camat Serai Serumpun serta WARSI. (crew)

Related News