Terkait Pemindahan Proyek LPJU, Warga Jalan Sultan Hassanudin Ancam Demo Kantor Dinas Perkim Tebo

TEBOONLINE.COM - Buntut dari pemindahan proyek Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di jalan Sultan Hassanudin Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang yang dipindahkan ke jalan Pahlawan, menuai protes keras dari masyarakat setempat.

Warga jalan Sultan Hassanudin mengancam bakal melakukan demo ke kantor Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Tebo apabila Dinas Perkim tidak segera mengembalikan proyek LPJU di jalan Sultan Hassanudin.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Ketua Pemuda jalan Sultan Hassanudin, Hirsyan. "Kalau tidak dikembalikan lagi proyek LPJU jalan Sultan Hassanudin, kami warga jalan Sultan Hassanudin akan ramai - ramai datangi Kantor Dinas Perkim, ini untuk kebenaran," tegas Hirsyan pada Teboonline.com, Selasa (04/09/2018).

Hirsyan mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 lalu masyarakat jalan Sultan Hassanudin benar - benar mengusulkan kepada Pemerintah melalui DPRD Tebo untuk pemasangan LPJU dan pengusulan tersebut dikabulkan pada APBD Tebo 2018.

Pengusulan LPJU ini didasari karena selain kebutuhan masyarakat, jalan Sultan Hassanudin ini berada dalam kawasan kota dan perkantoran.

"Kami masih menunggu dalam beberapa hari ini, kalau tidak segera dipindahkan ke tempat sebenarnya LPJU ini, kami akan demo. Untuk itu kami sangatlah berharap agar dinas Perkim segera mengembalikan proyek LPJU tersebut ke jalan Sultan Hassanudin, kalau sudah dikembalikan, tidak mungkin kami demo," harap Hirsyan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Dinas Perumahan dan Pemukiman (PerKim) Kabupaten Tebo kini menjadi sorotan banyak pihak setelah baru - baru ini, dinas yang dikepalai oleh Erwanto tersebut memindahkan alokasi proyek LPJU dari lokasi yang telah ditentukan dipindahkan ke lokasi yang lain.

Data yang berhasil dihimpun Teboonline.com dilapangan menyebutkan bahwa dalam buku APBD Tebo 2018 terdapat alokasi Proyek pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di jalan Sultan Hassanudin Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang dengan nilai pagu satu paket Rp 177.460.000.

Namun sampai saat ini, proyek LPJU jalan Sultan Hassanudin Wirotho Agung tersebut belum juga dikerjakan. Selidik demi selidik ternyata Proyek pemasangan LPJU jalan Sultan Hassanudin tersebut dipindahkan ke jalan Pahlawan Wirotho Agung atau di jalan dua jalur dan pemasangannya pun sudah selesai dikerjakan dimana lokasinya mulai dari depan kantor PLN arah ke jalan 13.

Kemudian, proyek LPJU di jalan Pandan desa Wanareja Kecamatan Rimbo Ulu senilai Rp 93.400.000 ini juga sudah dianggarkan di APBD Tebo 2018 untuk dapat dilaksanakan pada tahun 2018 ini. Namun, lagi - lagi proyek tersebut pun dialihkan ke lokasi lain yakni ke jalan Serayu.

Terkait hal ini, Kepala Dinas PerKim Kabupaten Tebo Erwanto saat akan dikonfirmasi terkait hal itu tidak bisa dihubungi. Saat dikunjungi kantornya, menurut stafnya sedang dinas luar, konfirmasi via WA pun tak direspon.

Sementara itu, menanggapi adanya pengalihan alokasi proyek LPJU jalan Sultan Hassanudin dan jalan Pandan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tebo Wartono Triyan Kusuma sangat menyayangkan hal itu.

"Pemasangan LPJU di jalan Sultan Hasanuddin dan jalan Pandan itu kan karena kebutuhan disana dan pemasangan LPJUnya sudah ada di APBD 2018 ini. Kalau dipindah ke lokasi lain itu kesalahan fatal, pelaksanaan proyek LPJU harus sesuai antara judul dengan isi di APBD karena hal itu sudah diatur dalam Perbup, tidak gampang memindahkan proyek," terang Tono, Senin (03/09/2018).

Tono pun menambahkan bahwa LPJU pada dua tempat tersebut merupakan usulan dari masyarakat setempat karena adanya kebutuhan. Yang pertama, jalan Sultan Hasanuddin adalah daerah yang dekat dengan perkantoran sehingga sangat diperlukan lampu penerangan jalan. (crew)

Related News