SLB Negeri Tebo Didik Siswa Dengan Prakarya & Keterampilan

EKO YULIANTO.
TEBOONLINE.COM - Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Tebo  yang beralamat di jalan 11 Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, dikepalai oleh seorang Kepala Sekolah bernama Eko Yulianto.

Satu - satunya SLB Negeri di Kabupaten Tebo ini didalamnya terdiri SD, SMP dan SMA dengan jumlah siswa dengan kebutuhan khusus secara keseluruhan sebanyak 115 orang dengan dibagi 5 kelas diantaranya kelas Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Greita, Tuna Daksa dan terakhir kelas Autis.
Untuk tenaga edukatif, SLB Negeri Tebo ini memiliki 21 orang Guru dan 3 orang tenaga Tata Usaha.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar ini, menurut Eko Yulianto, tidak sama dengan mendidik anak sekolah pada umumnya karena di SLB ini adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus yang perlu perhatian khusus pula.

Guru dituntut untuk lebih bersabar ketika memberikan materi kepada siswanya. Guru dituntut untuk berusaha melihat bakat dan potensi perkembangan anak.

"Dengan konsep melihat bakat dan potensi anak inilah Guru akan berusaha meningkatkan dan mengarahkan bakat anak tersebut secara maksimal," tutur Eko menerangkan pada Teboonline.com, Kamis (06/09/2018).

Kata Eko, kemampuan anak ini terbatas, jadi bagaimana Guru berupaya agar anak ini bisa mempunyai kemampuan yang maksimal dan diarahkan ke pengembangan potensi anak dengan cara prakarya dan keterampilan. Anak diciptakan agar memiliki keterampilan.

"Misalnya saja siswa Tuna Rungu, khusus siswa perempuan diajarkan untuk menjahit dan untuk laki-laki diarahkan ke pertanian seperti bagaimana cara menanam cabe," kata Eko lagi.

Diakhir bincang - bincangnya, Eko pun berharap agar Pemerintah memperhatikan SLBN Tebo ini karena masih banyak fasilitas sekolah yang masih kurang dan perlu dibenahi agar pihak sekolah dapat meningkatkan peranannya dalam mendidik anak didiknya lebih berprestasi lagi. (crew)

Related News