Ini Dia Jadwal Pelantikan Kades Terpilih Tahap Dua di Kabupaten Tebo

Wakil Bupati Tebo Syahlan Arfan saat melantik Kades terpilih beberapa waktu yang lalu paska digelarnya Pilkades serentak.
TEBOONLINE.COM - Dari 38 Desa yang menggelar Pilkades serentak pada Juni lalu, 26 Kades terpilih sudah dilantik oleh Bupati dan Wakil Bupati Tebo beberapa waktu lalu.

Diketahui masih ada sebanyak 12 Kades terpilih yang hingga saat ini belum dilantik karena masa jabatan kades sebelumnya belum breakhir.

Pihak PMD Tebo mengatakan, masa jabatan Kades 12 Desa tersebut baru akan habis pada akhir Desember 2018 ini, maka dari itu pelantikan tidak bisa dilaksanakan secara serentak pada tahap pertama lalu. Hal itu dikatakan oleh Ansori Kabid Pemdes Dinas PMD Tebo.

"Ya, masih ada 12 Kades terpilih yang belum dilantik karena masa jabatan kades sebelumnya baru akan berakhir Desember mendatang," ujar Ansori, Senin (03/09/2018).

Dijelaskan Ansori, pelantikan Kades terpilih 12 Desa tersebut baru bisa dilakukan setelah jabatannya berakhir. Dirinya mencontohkan, jika jabatan berakhir tanggal 2, maka pada tanggal 3 sudah harus dilakukan pelantikan.

"Yang jelas kalau jabatannya sudah habis, maka langsung akan kita lakukan pelantikan. Kalau pelantikan dilakukan sebelum jabatannya habis, takutnya nanti ada yang menggugat, itu yang tidak kita inginkan," jelasnya.

Untuk tekhnis pelantikannya sendiri dikatakan Ansori, masih sama dengan yang sebelumnya yakni di kecamatan atau bisa di Desa masing-masing yang disesuaikan dengan jadwal Bupati dan wakil Bupati sebagai pejabat yang akan melantik kades terpilih.

"Kalau memang desanya berdekatan bisa dijadikan satu lokasi yang jelas harus berkoordinasi dengan PMD dan disesuaikan dengan jadwal pejabat yang melantik," pungkasnya. (crew)

Related News