Dewan Minta Dinas Perkim Tebo Kembalikan Proyek LPJU Jalan Sultan Hassanudin & Jalan Pandan Yang Dipindahkan

Wartono Triyan Kusuma
 TEBOONLINE.COM - Proyek Lampu Penerangan Jalan Umum  (LPJU) jalan Sultan Hassanudin  Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang yang dipindahkan  ke jalan Pahlawan dan proyek LPJU jalan Pandan desa Wanareja Rimbo Ulu yang dipindahkan ke jalan Serayu, hingga saat ini belum ada tanda - tanda akan dikembalikan ke tempat yang semestinya proyek tersebut dikerjakan. Pasalnya, LPJU tersebut masih terlihat terpasang pada dua tempat tersebut.

Melihat hal ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tebo Wartono Triyan Kusuma meminta kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Tebo sebagai OPD yang terkait untuk segera mengembalikan dua proyek LPJU tersebut ke tempat dimana proyek tersebut dialokasikan.

Tono menyebutkan bahwa proyek LPJU jalan Sultan Hassanudin dan jalan Pandan sudah masuk dalam DIPA APBD Tebo 2018 yang sudah dipayungi oleh Peraturan Daerah (Perda) dimana pengesahannya melalui sidang istimewa Paripurna DPRD dan untuk dilaksanakan oleh OPD terkait. Perda kata Tono, adalah peraturan tertinggi didaerah yang harus dihormati.

"Semua program yang tertuang di APBD itu sudah diikat dalam bentuk Perda termasuk LPJU jalan Sultan Hassanudin dan jalan Pandan, kalau sudah diikat oleh Perda maka dua proyek tersebut harus benar-benar dilaksanakan dan tidak bisa dirubah.

Kalau misalnya dirubah seperti Perubahan lokasi itu tidak gampang, harus melalui Paripurna dulu di DPRD, sementara pemindahan LPJU dua tempat itu asal main pindah saja, itu salah besar" ujar Tono menjelaskan pada Teboonline.com, Rabu (05/09/2018).

Tono pun mempertanyakan dinas Perkim Tebo yang memindahkan proyek LPJU jalan Sultan Hasanuddin dan jalan Pandan ke lokasi lain. Seolah-olah, dinas Perkim Tebo tidak menghormati Perda yang telah diputuskan bersama antara Legislatif dan Eksekutif.

"LPJU jalan Sultan Hassanudin dan jalan Pandan itu sesuai kebutuhan disana, sebelum dituangkan pada APBD Tebo 2018, dua program ini sebelumnya dibahas bersama dalam Ranperda. Setelah diikat dalam Perda, seenaknya saja dua program itu dipindah, pemindahan ini sangat merusak tatanan," lanjut Ketua DPC PDIP Kabupaten Tebo ini.

Sekedar diketahui, pada APBD Tebo 2018 ini, anggaran Proyek LPJU jalan Sultan Hassanudin sebesar Rp 177.460.000 dan anggaran proyek LPJU jalan Pandan sebesar Rp 93.400.000. (crew)

Related News