Realisasikan Dana Desa, Kades Dusun Baru Libatkan Masyarakat. Mukhtar: Selama Ada DD, pembangunan desa begitu cepat

MUKHTAR
Kades Dusun Baru. 
TEBOONLINE.COM - Kades Dusun Baru Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo provinsi Jambi Mukhtar cukup diacungi jempol. Pasalnya, orang nomor satu di desa ini selalu melibatkan warganya dalam merealisasikan kegiatan Dana Desa.
Kades Dusun Baru Mukhtar poto bersama perangkat desa. 


"Masyarakat desa Dusun Baru cukup antusias ikut Proaktif dalam membangun desa," sebut Kades Dusun Baru Mukhtar saat disambangi Teboonline.com di kantornya, Selasa (07/08/2018).

Dalam realisasi Dana Desa, pihak desa selalu transparan kepada masyarakat dan tidak ditutupi dengan tujuan agar pembangunan desa dapat berjalan dan sukses.
Alhasil, pembangunan pun dapat berjalan dengan adil dan merata serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa Dusun Baru.
Realisasi Dana Desa Dusun Baru dalam bidang fisik diantaranya adalah pembangunan PAUD, Posyandu, Kantor Desa, pembukaan jalan baru usaha tani, MCK umum, Dreinase dan Box culvert.

Pada bidang pemberdayaan seperti pelatihan komputer, menjahit, sosialisasi tentang KDRT yang diikuti oleh Suami dan Istri, PHBS, kader tekhnis, pelatihan perangkat desa dan BPD, pelatihan otomotiv sepeda motor mendatangkan pelatih dari BLK Bungo, pelatihan guru mengaji Magrib dan Isya narasumber dari Baznas Tebo, PKK, Kader Posyandu.

"Lebih pada pemberdayaan dan pembinaan, makanya lebih banyak kita berikan pelatihan khususnya untuk warga yang lulus SMA dan tidak melanjutkan ke bangku kuliah. Kita berikan pelatihan agar mereka punya keterampilan dan bisa berguna untuk sendiri dan umum," kata Mukhtar.

Untuk fasilitas, desa sudah ada 10 unit komputer yang dibeli dari Dana Desa dan untuk Bumdes membuka BRI link dengan penyertaan modal Rp 50 juta. Untuk sarana jalan, desa juga membeli LPJU 5 unit untuk penerangan jalan.

"Desa tidak berkembang dalam pembangunan sebelum ada Dana Desa, ada dana desa ini, banyak dampak positifnya bagi desa dan masyarakat. Desa cepat berkembang dan maju. Harapannya ke depan, desa sangat berharap lagi dengan Dana Desa ini karena sangat membantu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan program Jokowi," pungkas Kades.

Kades pun mengatakan bahwa pembangunan di dusun baru sesuai dengan misinya yaitu  terwujudnya desa dusun baru yang sejahtera, aman, tertib dan damai menuju pembangunan berkelanjutan tahun 202. (crew)

Related News