Maju & Berkembang, Desa Suka Damai Percepat Laju Pembangunan Dengan Dana Desa

SOLIKHIN
KADES SUKA DAMAI. 
TEBOONLINE.COM - Seperti desa - desa lainnya, penggunaan Dana Desa untuk menggenjot pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai program Presiden Jokowi, membangun Indonesia dari desa - desa. 

Salah satunya adalah desa Suka Damai Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo provinsi Jambi. Dikepalai oleh seorang Kades bernama Solikhin, Suka Damai yang nota bene adalah Ibukota Kecamatan, mulai terus berbenah disegala sektor. 
Realisasi Dana Desa Suka Damai. 


Melalui pemanfaatan Dana Desa yang terarah dan tepat sasaran ini, Pemerintah desa Suka Damai berupaya mempercepat laju pembangunan disemua bidang seperti pada bidang infrastruktur, Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat desa serta berupaya memenuhi kebutuhan umum yang lain. 

Selain berpengaruh pada percepatan laju pembangunan desa, realisasi dana desa di desa Suka Damai ini, mampu menekan angka kemiskinan hingga 15 sampai 20 %. 

"Kata Presiden, Dana Desa ini untuk memutus mata rantai kemiskinan, ya ini yang dilakukan di Suka Damai yang dulunya sebagai desa Swadaya menjadi desa Swakarya," ujar Solikhin pada Teboonline.com, Kamis (02/00/2018). 

Memutus rantai kemiskinan ini lanjutnya, melalui Inovasi Desa seperti pemberian ternak Kambing untuk pendidikan sebanyak 13 pasang kepada warga kurang mampu pada tahun 2017 dan Kambing tersebut sudah berkembang dan tahapan selanjutnya, 27 pasang ekor Kambing diberikan pada tahun 2018 ini. 

Untuk bidang pembangunan dan infrastruktur seperti pembukaan jalan baru dan perkerasan ada 4 titik, pembangunan aula desa, PAUD/TK 2 unit lengkap dengan pagar dan sarpras serta fasilitas bermain anak. 

Kemudian pembuatan rumah pelayanan posyandu di 5 dusun. Pada Dana Desa yang perdana yaitu tahun 2015, dialokasikan untuk bangun kios 4 pintu di pasar Kembang tahun 2016 penggemukan Sapi sebanyak 8 ekor. 

Sementara itu, pendirian Bumdes tahun 2018 ini membuka bidang usaha toko alat pertanian, Laku Pande kerja sama dengan bank Jambi, distributor Gula. 

"Kita juga buat lapangan bola kaki dua tempat di dusun suka reja dan dusun suka bhakti," pungkas Kades Solikhin didampingi TPK Ngadiwan. (crew) 

Related News