Kades Perintis Nyaleg Belum Mengundurkan Diri Dari Jabatannya

TEBOONLINE.COM - Tidak hanya kalangan dari politisi saja yang ikut mendaftarkan berkas pencalonan Bakal calon Legislatif Ke KPUD Tebo, dari kalangan birokrasi pun turut meramaikan seperti Kepala Desa.

Salah satunya adalah Kades Perintis Kecamatan Rimbo Bujang Aas Sunarya. Saat dikonfirmasi Teboonline.com, Aas Sunarya mengakui jika dirinya ikut dalam pencalonan Legislatif melalui Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan III nomor urut 2.

"Ya Insya Allah saya Nyaleg lewat PAN nomor urut 2, kalau masa periode saya sebagai Kades akan habis November," ujar Kades Aas Sunarya Rabu (01/08/2018) sambil mengatakan bahwa berkas pencalonannya didaftarkan oleh Pengurus partai ke KPUD Tebo.

Terkait seorang Kades yang menjadi Caleg harus terlebih dahulu mengundurkan diri sebelum pendaftaran ke KPUD Tebo, Aas Sunarya mengatakan bahwa ia belum melepas jabatannya sebagai pejabat Kades karena pengunduran diri nanti terjadi secara otomatis ketika penetapan Bacaleg menjadi Caleg.

"Kades kan jabatan politik seperti anggota DPRD, anggota Dewan kan tidak perlu mundur kalau mau nyaleg lagi," sebut Kades lagi.

Sementara itu, Sekcam kantor Camat Rimbo Bujang Tuslam mengatakan bahwa Kades harus mengundurkan diri ketika Kades tersebut maju sebagai Caleg dan pengunduran diri itu sebelum berkas pencalonannya didaftarkan ke KPUD Tebo.

"Ketika Kades itu mendaftar ke KPUD sebagai Bacaleg, artinya Kades itu sudah orang partai politik. Sesuai UU, Kades harus mundur ketika menjadi pengurus atau kader Parpol dan sejauh ini Kades Aas Sunarya belum ada mengajukan surat pengunduran diri ke pihak Kecamatan," jelas Tuslam.

Menanggapi hal itu, Ketua KPUD Tebo Basri menyatakan bahwa seorang Kades yang nyaleg harus mengundurkan diri sebelum berkas pencalonannya sebagai Caleg didaftarkan oleh partainya ke KPUD.

Setelah pendaftaran, Parpol diberikan waktu untuk perbaikan dan melengkapi kekurangan berkas Bacalegnya dan waktu perbaikan terakhir Selasa 31 Juli 2018.

"Kades harus mundur dulu sebelum berkas pencalonannya didaftarkan, bila belum ada kan masih ada waktu perbaikan dan tadi malam sudah ditutup, untuk Kades Perintis ini nanti akan kita cek dulu karena bahan perbaikan banyak dan numpuk," kata Basri.

Untuk penetapan Bacaleg menjadi Caleg kata Basri, akan ditetapkan pada akhir September 2018 mendatang. (crew)

Related News