Dikenal Sebagai Joko Sapi & Petani Buah Semangka, Sarjana Peternakan Ini Pimpin Desa Tirta Kencana 6 Tahun Ke depan

JOKO SUWONDO, S.PT. 
TEBOONLINE.COM - Berawal dari niat, restu dari Istri dan keluarga serta dorongan dari masyarakat, akhirnya Joko Suwondo terpilih sebagai Calon Kades desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Provinsi Jambi pada Pilkades serentak di Kabupaten Tebo yang digelar 6 Juli lalu.

Dikalangan masyarakat, ia dikenal sebagai Joko Sapi, karena Kades terpilih periode 2018-2024 ini seorang peternak Sapi dan jual beli Sapi.

Belakangan, pria yang bertempat tinggal di jalan Kruwing desa Tirta Kencana ini pun menggeluti usaha barunya yaitu bertani buah Semangka.
Saat ditemui Teboonline.com dikediamannya, dengan panjang lebar Joko Suwondo pun menceritakan bagaimana dirinya bisa dibilang berhasil bertani buah Semangka.

Dengan pengalaman pribadinya sebagai seorang petani buah Semangka inilah, nantinya ketika sudah menjadi Kades definitif yang akan dilantik pada akhir tahun nanti, ia akan menggalakan desa Tirta Kencana sebagai desa Wirausaha karena dengan wirausaha ini akan dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saya mulai menggeluti tanam buah Semangka sejak tahun 2016, Alhamdulillah sudah 5 kali panen," ujar Joko. Cara penanamannya pun dilakukan dengan sistem tumpang sari dengan pohon Sawit seluas 3 Hektar.

Setiap kali panen, perhektarnya mampu menghasilkan 19 ton buah semangka atau sekitar 43 ton seluas 3 hektar dengan perputaran dari masa tanam ke panen hanya selama dua bulan.

"Saya sempat dibilang gila sama warga karena kebun karet 3 hektar saya tumbang, saya tanami sawit dengan tumpang sari buah Semangka," ungkap Joko.

Untuk hal pemasaran lanjutnya, buah Semangka cukup tinggi khususnya untuk kebutuhan lokal dan pemasaran luar merambah hingga Sumatera Barat dan Pekanbaru. Bahkan, ketika masa panen, banyak warga yang turut memasarkan dengan memakai sepeda motor roda dua. Itu artinya, pada masa panen bisa menjadi lapangan pekerjaan.

"Saya ingin sampaikan pengalaman ini kepada masyarakat desa Tirta Kencana dan masyarakat bisa diajak untuk wirausaha seperti ini. Sekarang pun warga lain sudah banyak yang meniru langkah saya ini," pungkas Joko. (crew)

Related News