Bakal Ada Mako Brimob di Tebo, Bupati: Pemda siapkan lahan 6 Hektar

Ilustrasi. 
TEBOONLINE.COM - Dengan adanya peningkatan tipe Polda Jambi dari Tipe B ke Tipe A, maka akan dilakukan pengembangan salah satunya penambahan Mako Brimob. Kabupaten Tebo dipilih untuk menjadi lokasi pembangunan Mako Brimob Detasmen C tersebut.

Hal tersebut langsung disampaikan Bupati Tebo, H. Sukandar Senin (13/8). Dirinya mengatakan bahwa Kabupaten Tebo dipercaya oleh Polda Jambi untuk menyediakan lokasi pembangunan mako Brimob.

"Dengan adanya peningkatan tipe Polda Jambi ke Tipe A,  maka akan dilakukan pengembangan mako Brimob. Polda Jambi mempercayakan Kabupaten Tebo sebagai lokasi pembangunannya," kata Sukandar.

Dengan dipercayakan kepecayaan tersebut, Kabupaten Tebo kata Sukandar menyambut baik hal tersebut dan telah menyediakan lahan milik pemerintah kabupaten tTebo seluas 6 hektar yang telah diusulkan ke Polda Jambi.

"Kita kan punya lahan 6 hekar yg awalnya direncanakan untuk pembanguann LP tapi tidak ada kemajuan, lahan itulah yg kita usulkan ke Polda Jambi sebagai lokasi mako Brimob wilayah barat," terang Sukandar.

Selain lokasi itu,  pemerintah Kabupaten Tebo juga menyodorkan lokasi di daerah Desa Sungai Alai yang terletak dipinggir jalan. Bupati menyerahkan sepenuhnya kepada pPolda untuk memilih kedua lokasi tersebut.

"Pihak polda memang menginginkan lokasi yang dekat dengan tempat pendidikan dan masyarakat, untuk itu kita usulkan 2 lokasi yaitu di Transos dan Sungai Alai, kita serahkan ke Polda untuk memilihnya," kata Sukandar.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Waka Polres Tebo, Kompol Yudha Pranata.  Dirinya menyatakan bahwa dengan adantya peningkatan tipologi Polda Jambi ke Tipe A maka ada penambahan satu detasmen Brimob. Dari itu Polda Jambi mengusulkan untuk dibangun di wilayah Bungo-Tebo.

"Dari usulan pak Kapolda bahwa pembangunan Detasmen C Brimob di lakukan di wilayah barat yaitu Bute,  untuk itu bersama Kasat Brimob kita telah melihat lokasinya yang difasilitasi oleh bapak Bupati," kata Wakapolres.

Terkait pembangunannya, Waka menjelaskan bahwa pembangunan akan dilakukan setalah penganggaran nanti dari Polri, namun sebelum itu masih dilakukan legalitas terkait lokasi 6 hektar yang diusulkan oleh Pemkab Tebo.

"Yang jelas lokasi pembangunannya di Tebo, namun saat masih dalam proses mempersiapkan lokasi termasuk legalitasnya," terang Waka.

"Untuk 1 Detasmen, minimal diisi 800 anggota Brimob nantinya," tuntas Waka. (crew)

Related News