Waduh... Calon Kades Terpilih Desa Giriwinangun, Tercatat Masih Pengurus Parpol

TEBOONLINE.COM - Tahapan akhir Pilkades serentak di Kabupaten Tebo tinggal satu lagi yakni pelantikan calon Kades terpilih dan jadwal pelaksanakannya masih menunggu waktu.

Pelantikan tersebut pun bakal menjadi momen sejarah bagi calon Kades terpilih tersebut.
Calon Kades terpilih tersebut pun merasa lega, pasalnya proses dan tahapan - tahapan pencalonannya sudah dilalui dengan mulus karena sudah mengikuti syarat dan aturan tata tertib untuk mengikuti penjaringan calon Kades.

Namun, lain pula nanti yang bakal dihadapi oleh Calon Kades terpilih desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, Suranto. Kemungkinan besar, akan ada ganjalan besar yang bakal dihadapi oleh Suranto menjelang pelantikannya nanti untuk menjadi Kades Giriwinangun periode 2018 - 2024.

Menurut informasi yang didapat Teboonline.com, sampai berita ini dirilis, calon Kades terpilih desa Giriwinangun Suranto masih tercatat aktif sebagai pengurus partai politik yaitu sebagai Ketua PAC PDI-Perjuangan Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo.

Artinya, ketika Suranto mengikuti penjaringan bakal calon Kades Giriwinangun, Suranto tidak menyertakan surat pengunduran diri dari pengurus parpol atau masih aktif sebagai pengurus Parpol.

Hal itu pun dibenarkan oleh Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Tebo Wartono Triyan Kusuma. "Suranto Calon Kades terpilih desa Giriwinangun sampai sekarang belum ada mengundurkan diri dari Ketua PAC PDIP Rimbo ilir, jadi Suranto masih aktif sebagai pengurus PAC," ujar Wartono saat dikonfirmasi Teboonline.com, Selasa (17/07/2018).

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Desa BPMPD Kabupaten Tebo Ansori pun menegaskan bahwa setiap Calon Kades yang berasal dari pengurus Parpol, yang bersangkutan harus dan wajib mengundurkan diri dari pengurus Parpol tersebut sebelum pemilihan dilakukan.
"Setiap calon Kades harus mengundurkan diri dulu dari pengurus Parpol sebelum pemilihan, itu wajib dan harus diikuti," sebut Ansori dihubungi Teboonline.com via HP.

Persoalan Calon Kades terpilih desa Giriwinangun ini pun sempat diposting oleh salah satu akun Facebook atas nama Afriansyah.

Ia menulis, Mohon Pencerahan dari Dinas PMD Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Khususnya Bidang Pemdes (Pemerintah Desa).
Berdasarkan Pasal 28 ayat 1 Perda Tebo nomor 1 tahun 2016 tentang tata cara pemilihan, laporan, pemberhentian, pelantikan Kepala Desa dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa, menyatakan "pegawai tidak tetap pada instansi pemerintahan dan karyawan badan usaha milik Negara/Daerah/Swasta yg mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala Desa, harus mendapat izin tertulis dari pimpinannya dan pernyataan akan mengundurkan diri jika terpilih jadi Kepala Desa secara tertulis dibubuhi materai 6000 dan diketahui pimpinannya sebelum pendaftaran".

Pertanyaan Saya :
Apakah Partai Politik termaksud Pihak Swasta????

Jika iya,
Bagaimana status Pemenang Pilkades jika yg bersangkutan masih terdaftar sebagai Pengurus Partai Politik????

Contohnya seperti yg terjadi di Desa Giri Winangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo!!!!

Bagaimana Pendapat Saudara2!!!!

#savepilkades. (crew)


Related News