Pilkades Tebo Memanas, 4 Calon Kades Pagar Puding Lamo Tuntut Pemungutan Suara Ulang

TEBOONLINE.COM - Pemilihan Calon Kepala Desa (Pilkades) Pagar Puding Lamo Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo provinsi Jambi, memanas.

Pasalnya, Pilkades serentak yang digelar pada Sabtu kemarin (30/06/2018), diminta untuk dilakukan Pemilihan ulang atau Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Tuntutan untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang ini dilakukan oleh 4 orang calon Kades Pagar Puding Lamo yang kalah pada Pilkades lalu dan Pilkades ini dimenangkan oleh calon nomor urut 3 Sopwan.

Tuntutan tersebut disampaikan langsung oleh 4 calon Kades tersebut kepada Camat Serai Serumpun pada Selasa (03/07/2018) agar segera ditindak lanjuti.

Selain meminta Pilkades diulang, mereka tidak menerima kertas suara dengan alasan kertas suara yang dicoblos tidak mengikuti Perbup dan Panitia Pilkades dituding mengangkangi aturan sebelumnya tidak pernah memberi arahan ke calon  Kades atas pembuatan kertas suara.

Edi Yanto, salah satu calon Kades Pagar Puding Lamo pada Teboonline.com menuturkan bahwa pelaksanaan Pilkades di desanya tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Peraturan Bupati.

"Kami minta Pilkades Pagar Puding Lamo untuk diulang lagi," sebut Edi Yanto yang mengaku turut ikut serta menuntut agar Pilkades diulang lagi.

Ia bersama tiga calon Kades lainnya yang kalah itu menduga Pilkades Pagar Puding Lamo diduga diatur dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hal ini dapat dilihat secara kasat mata bahwa pencetakan surat suara seperti gambar yang telah diambil diduga dipermainkan, dan telah diseting sedemikian.

Hal senada juga dikatakan Syafrizal calon Kades nomor urut 5. "Coba lihat penempatan Poto dan nomor urut calon kades ini diduga tidak sesuai dan tidak berkoordinasi terlebih dulu sebelumnya," protes Safrizal.

Dijelaskanya juga bahwa saat mencoblos kemarin masyarakat diduga tidak mau membuka surat suara melainkan mencoblos dengan kondisi surat suara terlipat, akhirnya banyak ditemukan 2 nomor urut serta Poto calon terkena coblosan.

Oleh karena itu akhirnya pada Pilkades serentak ini calon kades nomor urut 3 yang berhasil meraih suara terbanyak, hal ini karena diduga ada unsur kesengajaan dari panitia Pilkades saat menyusun Poto dan nomor urut masing-masing calon kades didalam surat suara tersebut.

Safrizal Berharap kepada Camat Serai Serumpun, PMD Tebo, dan Dinas terkait mencari solusi dan jalan Keluar atas gugatan ini, jika kedepan Pilkades ini diketahui menyalahi aturan, maka kami meminta Pilkades Desa Pagar Puding Lamo diulang kembali. (crew)

Related News