Bacaleg Tebo Bersih Dari Mantan Napi Koruptor

BASRI S.Ag
Ketua KPUD Tebo. 
TEBOONLINE.COM - KPUD Tebo telah menerima berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari 13 Partai Politik yang mendaftarkan Bacalegnya serta tercatat ada 338 Bacaleg secara keseluruhan yang saat ini tengah dilakukan ferifikasi faktual terhadap berkas persyaratannya.

Terkait adanya larangan bekas atau mantan Narapidana atau mantan Napi koruptor tidak boleh jadi Caleg sesuai PKPU Nomor 20 tahun 2018, Ketua KPUD Tebo Basri menyatakan bahwa dari jumlah Bacaleg yang didaftarkan oleh masing - masing Parpolnya, tidak ada Bacaleg mantan Napi Koruptor.

"Setiap Bacaleg harus ada surat keterangan dari Pengadilan Negeri bahwa yang bersangkutan tidak pernah menjadi Napi Koruptor, Napi Narkoba dan mantan Napi kasus tindakan kekerasan seksual," ujar Basri pada Teboonline.com, Senin (30/07/2018).

Merujuk pada surat keterangan Bacaleg yang masuk ke KPUD Tebo, memang tidak ada ditemui adanya Bacaleg yang pernah menjadi Napi 3 kasus itu atau Bacaleg Tebo bersih dari mantan Napi Koruptor.

Saat ditanya tentang Bacaleg yang sebelumnya pernah berkasus tindakan kekerasan seksual atau perselingkuhan, namun dapat diselesaikan secara adat atau di desa, Basri menyebutkan bahwa sepanjang kasus tersebut sudah pernah disidang di Pengadilan Negeri dan Bacaleg pernah jadi Napi dengan kasus seksual, maka Bacaleg itu tidak bisa nyaleg sesuai PKPU.

"Yang jelas kalau dia sudah pernah jadi Napi yang tiga kasus itu, dia tidak bisa Nyaleg," pungkasnya. (crew)

Related News