Awas... Caleg Curi Star Kampanye Bisa Dibui, Surahman: Perketat Pengawasan Keberadaan APK

TEBOONLINE.COM - Jelang ditetapkannya bakal calon Legislatif (Caleg) yang akan diajukan oleh partai masing-masing yang ada di kabupaten Tebo, terpantau sudah banyak bakal Caleg yang sudah melakukan kampanye diluar jadwal atau biasa desebut kampanye dini.

Curi star kampanye ini dilakukan untuk pengambilan perhatian masyarakat karena para Bacaleg belum banyak yang berkampanye dikarenakan memang belum masuk masa kampanye.

Dan dalam Hal ini, bagi para Caleg yang memasang alat peraga kampanye diluar jadwal sudah mengangkangi Undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan terancam penjara 1 tahun dengan denda Rp 12 juta.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tebo, Surahman mengatakan bahwa mengenai kampanye diluar jadwal kemarin mengatakan bahwa Tahapan pemilu hingga saat ini terus berjalan dan sudah ada ditemui atas keberadaan alat peraga. Akan hal ini, kalau ada indikasi Kampanye silahkan sampaikan, atau koordinasi dengan yang Bersangkutan.

"Jika ada temuan silahkan koordinasi dan laporkan ke Panwas Pemilu karena kampanye Media masa dimulai 24 Maret sampai 13 April 2019 dan Alat peraga kampanye dimulai pada 23 September 2018," ungkapnya.

Bagi yang melanggar lanjut Surahman, untuk pelanggar akan dikenakan hukuman Penjara selama 1 tahun dan Denda sebanyam 12 juta rupiah sesuai dengan ketentuan UU nomor 17 tahun 2017 pasal 492.

"Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan undang-undang yang ada," jelasnya.

Dalam penegakan ini, Surahman menjelaskan kembali bahwa Anggota dari kabupaten hingga ke tingkat desa sudah diberikan intruksi agar terus memantau keberadaan APK agar segera ditindak dan ditertibkan yang disesuaikan dengan prosedur.

"Anggota kita sudah kita arahkan dan perketat pengawasan terhadap keberadaan APK," pungkasnya. (crew)

Related News