KPUD Tebo Masih Bimbang, Mantan Napi Boleh Jadi Caleg Atau Tidak

BASRI
Ketua KPUD Tebo. 
TEBOONLINE.COM - Mantan Narapidana (Napi), apakah boleh menjadi calon legislatif atau tidak, belum dapat dipastikan.

Pasalnya, hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tebo belum bisa memastikan apakah mantan narapidana (Napi) boleh manjadi calon anggota DPRD atau tidak.

Karena pihak KPUD Tebo sejauh ini juga masih menunggu apakah PKPU 14 tahun 2018 di sahkan menjadi Undang-undang yang di dalamnya soal larangan mantan narapidana korupsi menjadi calon legislatif (Caleg).

Ketua KPUD Tebo Basri mengatakan, pihaknya saat ini memang masih menunggu petunjuk dari KPU RI soal aturan tersebut mengingat waktu yang sudah cukup singkat.

"Sejauh ini belum ada keputusan soal itu, kita juga masih menunggu apakah PKPU yang diajukan itu disahkan atau tidak," ujar Basri, Minggu (24/06/2018).

Basri mengatakan, kalau memang nantinya PKPU tersebut tidak disahkan menjadi undang-undang, pihaknya juga akan meminta kepastian apakah masih mengacu kepada aturan sebelumnya.

"Kalau sebelumnya kan boleh, dengan catatan menjalani masa hukuman dibawah 5 tahun. Kalau di Tebo ada beberapa calon yang merupakan mantan napi, tapi putusannya masih dibawah 5 tahun," pungkasnya. (crew)

Related News