Aneh… Sudah Gugur, Panitia PilRio Kabupaten Bungo Haruskan Panitia PilRio Dusun Ujung Tanjung Tetapkan Hendra Hadiwijaya Jadi Calon Rio No 3


TEBOONLINE.COM, BUNGO – Panitia Pemilihan Rio (Kepala Desa_red)  Dusun Ujung Tanjung Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, sudah menetapkan bakal Calon Rio menjadi Calon Rio pada 24 Juni 2018. Panitia menetapkan dua Calon Rio yaitu calon nomur urut 1 Susanto dan calon nomor urut 2 yakni Zul Azmi.

Sebelumnya, panitia menerima tiga berkas bakal calon Rio dimana dua bakal calon adalah dua calon Rio yang ditetapkan tersebut dan satu bakal calon lagi adalah Hendra Hadiwijaya.

Sesuai Peraturan Bupati Bungo yang mengatur tentang Pemilihan Rio, Panitia Pemilihan Rio Dusun diberikan wewenang penuh untuk proses seleksi dan ferifikasi berkas bakal calon Rio hingga dilakukannya penetapan nomor urut calon ketika bakal calon Rio itu berjumlah dibawah 4 orang.

Namun, apabila bakal calon lebih dari 5 orang, maka proses seleksi pun harus dilimpahkan kepada Panitia Kabupaten Bungo. Sementara, pada PilRio Dusun Ujung Tanjung kali ini, bakal calon Rio hanya ada 3 orang.

Dalam proses ferifikasi tersebut, Panitia menggugurkan Hendra Hadiwijaya dengan dasar pada ferifikasi bahan, ada ketidak sinkronisasinya data identitas diri Hendra Hadiwijaya dan adanya pernyataan Lembaga Adat Dusun Ujung Tanjung yang menyatan bahwa Hendra Hadiwijaya tidak layak untuk diloloskan menjadi Calon Rio dengan beberapa alasan tertentu.

Namun, digugurkannya Hendra Hadiwijaya ini dari proses pencalonan Rio Ujung Tanjung oleh Panitia PilRio Dusun Ujung Tanjung, mendapatkan reaksi keras dari Panitia Pemilihan Rio Kabupaten Bungo yang diketahui oleh Tobroni Yusuf yang nota bene adalah Asisten I Setda Bungo.

Adanya reaksi keras yang ditunjukan oleh Tobroni Yusuf ini, menunjukan bahwa Panitia PilRio Kabupaten Bungo sengaja melakukan intervensi kepada Panitia PilRio Dusun Ujung Tanjung.

Buktinya, Tobroni Yusuf mengharuskan agar Hendra Hadiwijaya kembali masuk dan diterima menjadi Calon Rio Dusun Ujung Tanjung dan Tobroni Yusuf pun tak mau tahu bagaimana prosesnya nanti dan yang terpenting, Panitia PilRio Dusun Ujung Tanjung harus segera menetapkan Hendra Hadiwijaya menjadi Calon Rio Dusun Ujung Tanjung. Entah itu calon nomor urut 3 atau pun nomor urut lainnya.

Bahkan, saat dikonfirmasi Teboonline.com via HP, Tobroni Yusuf menuding Panitia PilRio Dusun Ujung Tanjung sengaja mencari – cari kesalahan Hendra Hadiwijaya agar Hendra Hadiwijaya gugur. Tobroni pun mengelak ketika pihaknya disebut mengintervensi Panitia PilRio dusun Ujung Tanjung. Ia berkilah bahwa pihaknya menindak lanjutinya adanya laporan dari bakal calon yang gugur tersebut.

“Saya tidak intervensi, tapi saya menindak lanjuti laporan dari bakal calon yang gugur itu, jadi jangan diulang – ulang lagi pertanyaannya,” ujar Tobroni Yusuf, Rabu (27/06/2018). 

Menurut informasi pula, paska penetapan nomor urut calon, massa Hendra Hadiwijaya bakal calon Rio yang gugur tersebut melakukan aksi demo ke kantor Pemberdayaan Desa Kabupaten Bungo. Sementara, PilRio serentak di Kabupaten Bungo sendiri bakal digelar pada 25 Juli 2018 mendatang. 

Sementara, Ketua panitia PilRio dusun Ujung Tanjung Kaharudin saat dikonfirmasi via hp mengatakan pada Teboonline.com, ia akan telpon balik. (crew)



Related News