10 Hektar Lahan Konsesi PT LAJ, Terbakar

Tim Manggala Agni dan TNI saat padamkan kebakaran di wilayah konsesi PT LAJ. Dalam upaya pemadaman ini, satu anggota TNI Serda Umar Dani terjatuh dan menjalani perawatan di RSUD STS Tebo. 
TEBOONLINE.COM - Satu anggota TNI bernama Serda Umar Dani mengalami musibah pada saat memadamkan insiden kebakaran yang terjadi di wilayah konsesi PT LAJ. Insiden tersebut terjadi pada Sabtu (23/06/2018) di desa Pemayongan Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo provinsi Jambi.

Menurut informasi, Serda Umar Dani saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD STS Tebo. Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Tebo Nufit Hari Rachmat pada Wartawan, Minggu (24/06/2018) membenarkan insiden tersebut.

Lebih jauh pula ia menjelaskan bahwa total lahan yang terbakar dalam wilayah konsesi PT LAJ mencapai 10 hektar. Lokasi kebakaran di wilayah Konsesi  PT LAJ dengan indikasi pembakaran lahan oleh pendatang.

"Tofografinya berbukit dan dengan semak belukar serta kayu kering," ujar Nufit.

Pemadaman dilakukan oleh 1 tim Groundcheck manggala agni Daops MTB,  3 orang anggota TNI dan 1 regu/20 Orang Tim Pemadam PT LAJ termasuk salah satunya Serda Umar Dani bersama rombongan tersebut.

"Tindakan yang dilakukan adalah melakukan Pemadaman Dengan Alat Manual dan mekanis berupa Jetsuter, 1 Unit GPS,  2 Unit Pompa Pemadam milik PT LAJ, 15 Buah Selang Buang, 1/2 Inci,  2 Buah Selang isap, 1 Buah Y Conektor,  2 Buah Nouzle 1.1/2 inch dan Perlengkapan Pribadi," sebut Nufit.

Menurut Nufit, kegiatan ini adalah lanjutan kegiatan groundcheck sebelumnya dan dengan  kondisi lokasi yang lebih jauh dan sulit dijangkau serta tak ada sinyal hp.

"1 orang anggota TNI terjatuh dan sudah diantar kembali ke Tebo tadi shubuh untuk selanjutnya dirawat, masih menunggu info lanjutan karena tim baru sampai dan mendapat sinyal, kondisi terakhir,  api telah padam dan Tim juga melakukan Sosialisasi ke masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," kata Nufit mengakhiri. (crew)

Related News