Kecewa Dengan Lokasi Islamic Center, Warga Desa Suka Damai Bakal Gelar Aksi Damai di Kantor Camat

Lokasi Islamic Center didepan arena MTQ, lokasi ini diputuskan bersama oleh masyarakat desa Suka Damai.
Namun, dalam realisasinya, lokasinya ditempatkan didepan Kantor desa Suka Damai. 
TEBOONLINE.COM – Masyarakat desa Suka Damai Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo provinsi Jambi, bakal menggelar aksi damai di kantor Camat Rimbo Ulu. Aksi damai tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Senin mendatang (28/05/2018).

Aksi ini, akan diikuti oleh ratusan warga desa Suka Damai dan luar desa Suka Damai dan dipastikan juga akan diikuti oleh para tokoh agama serta tokoh masyarakat. Rencana aksi damai ini, buntut dari kekecewaan masyarakat Kecamatan Rimbo Ulu pada umumnya dan masyarakat desa Suka Damai khususnya dalam hal penempatan lokasi Islamic Center.

Islamic Center ini sendiri, pembangunan Masjidnya dilaksanakan pada tahun 2018 ini dan di Kecamatan Rimbo Ulu, Masjidnya dibangun di desa Suka Damai dikarenakan desa Suka Damai adalah Ibukota Kecamatan.

Ibnu, salah satu tokoh masyarakat desa Suka Damai pada Teboonline.com membenarkan bahwa masyarakat desa Suka Damai akan menggelar aksi damai di kantor Camat Rimbo Ulu. 

Menurutnya, aksi ini merupakan aksi damai dan misinya untuk mempertanyakan tentang hasil musyawarah desa yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, para Ketua RT, pihak Pemerintah desa dan Kecamatan.

Hasil musyawarah bersama tersebut memutuskan bahwa lokasi pembangunan Islamic Center diputuskan didepan arena MTQ atau sebelah barat kantor Balai Penyuluhan dinas Peternakan. Pertimbangannya adalah pertama lokasinya cukup strategis berada didepan arena MTQ, dipinggir lintas dan disebelah timurnya ada lokasi Manasik Haji.

Namun, pada realisasinya sekarang, lokasi Islamic center ditempatkan di depan kantor desa Suka Damai dan saat ini pembangunannya baru mulai akan dikerjakan. Disinyalir, dipindahkannya lokasi Islamic Center ini merupakan akal – akalan pihak pemerintah desa Suka Damai.

“Sesuai rapat bersama masyarakat dan dihadiri pihak desa Suka Damai dan pihak Kecamatan, lokasi Islamic Center ditempatkan didepan Arena MTQ, la ini tiba – tiba sewaktu mulai pembangunan kok malah didepan kantor desa, jadi percuma saja masyarakat diajak musyawarah untuk menentukan lokasinya,” sebut Ibnu, Jumat (25/05/2018).

Hal senada juga disampaikan Rasmadi, menurut Rasmadi, pihak desa Suka Damai tidak merespon keinginan masyarakat umum. Entah apa yang dipentingkan oleh pihak desa Suka Damai sampai berani pihak desa mengabaikan hasil musyawarah masyarakat tersebut.

“Kita sudah menanyakan kepada pak Bupati Tebo tentang lokasi Islamic Center ini, beliau tidak tahu menahu tentang penempatannya karena penempatannya ini diserahkan kepada pihak desa, karena pihak desa lah yang menentukan melalui musyawarah bersama masyarakat dan pihak desa paham betul tentang lokasi mana yang dipandang cukup strategis untuk Islamic Center ini,” sebut Rasmadi.

Sementara itu, Kades Suka Damai Sholikin saat dikonfirmasi Teboonline.com mengatakan bahwa lokasi Islamic Center yang diusulkan kepada Bupati Tebo adalah didepan arena MTQ. Namun kata Kades, Bupati Tebo memutuskan bahwa lokasi Islamic Center ditempatkan didepan kantor desa Suka Damai.

“Lokasi Islamic Center didepan kantor desa Suka Damai itu sudah keputusan Bupati Tebo,” kata Kades Sholikin saat dihubungi via HP. (crew)


Related News