Bupati Tebo Hadiri HUT Desa Tegal Arum: Arakan Ingkung, Gunungan Grebek, Pagelaran Wayang Kulit Hingga Istigotsah Warnai HUT Transmigrasi Ke 41 & Sedekah Bumi Di Desa Tegal Arum

Bupati Tebo H Sukandar menyerahkan potong tumpeng kepada Kades Tegal Arum Rohmad Annas. 
Dari kiri ke kanan, tokoh pemuda Ahmad Ankam, Bhabinkamtibmas, Camat Rimbo Bujang Sukiman, Bupati Tebo H Sukandar, Kades Tegal Arum Rohmad Annas poto bersama didepan Gunungan Grebek. 
Bupati Tebo H Sukandar, Kades Tegal Arum dan warga saat hendak menyantap Ingkung. 
Masyarakat desa Tegal Arum antusias hadir. 
Arakan Ingkung dan Gunawan Grebek oleh warga dilakukan dari kediaman Kades Rohmad Annas ke kantor desa Tegal Arum. 
TEBOONLINE.COM - Kepala Desa Tegal Arum Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Rohmad Annas, selain menjadi inisiator sekaligus menjadi konseptor dibalik suksesnya prosesi sedekah bumi dan Hari Ulang Tahun Transmigrasi ke 41.

Momen yang digelar rutin setiap tahun sekali ini, digelar Rabu siang (09/05/2018) dihalaman kantor desa Tegal Arum dengan dihadiri oleh Bupati Tebo H Sukandar, Camat Rimbo Bujang Sukiman, Danramil Rimbo Bujang, perwakilan dari Polsek Rimbo Bujang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan para Kades se Kecamatan Rimbo Bujang.

Masyarakat desa Tegal Arum pun cukup antusias tumpah ruah memenuhi tenda undangan yang sudah disediakan oleh panitia. Untuk memeriahkan acara ini, pada puncaknya panitia sengaja menggelar berbagai macam kegiatan seperti Istigotsah, Gunungan Grebek, Arakan Ingkung dan Pagelaran Wayang Kulit.

Kades Tegal Arum Rohmad Annas pada sambutannya mengatakan bahwa sedekah bumi ini salah satu wujud kita sebagai masyarakat mengucapkan terima kasih kepada yang maha kuasa atas nikmat dan karunianya yang diberikan sehingga desa Tegal Arum bisa seperti ini.

Ia juga menyampaikan kepada semua lapisan masyarakat desa Tegal Arum yang tidak akan terlaksana kalau tidak ada dukungan dari masyarakat. Dalam acara ini juga ada kombinasi antara adat Jawa dengan adat Melayu Jambi dan ia pun berharap dukungan dari masyarakat agar momen ini bisa digelar setiap tahun.

Pada kesempatan itu, Bupati Tebo H Sukandar dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasinya terhadap desa Tegal Arum yang rutin tiap tahun menggelar sedekah bumi dan HUT Transmigrasi Ke 41. Tegal Arum khususnya dan Rimbo Bujang pada umumnya adalah transmigrasi yang berhasil, maju dan berkembang.

"Mudah-mudahan desa Tegal Arum menjadi desa Gemah Ripah Loh jinawi, Toto tentrem kerto raharjo, masyarakat desa Tegal Arum sejahtera," ujar Bupati.

Pada puncaknya, Bupati Tebo melakukan potong tumpeng dan potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada Kades Rohmad Annas dan sebagai acara penutup, rebutan Gunungan Grebek yang berisi beraneka macam buah - buahan.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda desa Tegal Arum, Ahmad Ankam atau yang biasa disapa Aan ini mengatakan bahwa Sedekah bumi dan HUT Transmigrasi seperti ini perlu dilestarikan dan dikembangkan pada setiap perayaannya.

Sebagai generasi pemuda, ia pun selalu mendengungkan dan mengajak para pemuda desa Tegal Arum untuk selalu  menjaga tradisi dan adat yang selama ini sudah dijalankan oleh para orang tua.

"Kita berharap acara Sedekah bumi di tahun mendatang bisa lebih meriah lagi dan harapan saya, kita semua bisa menjaga warisan budaya nenek moyang kita," pungkas Aan disela-sela acara ini. (crew)

Related News