237 SD Di Kabupaten Tebo Siap Laksanakan UASBN, Puji: Soal Sedang Disusun

TEBOONLINE.COM - Sebanyak 237 SD Negeri yang ada di KabupatenTebo dalam waktu dekat bakal menggelar UASBN. Jadwal pelaksanaan UASBN diperkirakan pada Mei mendatang.

Hal tersebut disampaiakan Puji Kasie Pembinaan PTKSD dan merangkap sebagai Plt kasie Kurikulum ditemui wartawan diruang pola usai menggelar persiapan penyusunan Soal UASBN bersama tim.

Puji menyampaikan jika jelang pelaksaan UASBN pihaknya kini tengah melakukan penyusunan soal tingkat SD untuk ujian. Penyusunan soal ini kata dia baru dilakukan pada tahun ini, dimana sebelumnya soal lebih banyak berasal dari pusat atau provinsi.

"Tahun ini kabupaten diberikan kewenangan untuk membuat dan menyusun soal. Sementara tiap kecamatan tim yang turun antara empat sampai enam orang dan wajib membawa soal," tuturnya.

Sementara itu lanjut Puji, sebelum penyusunan soal tim diwajibkan membuat soal kisi-kisi sebagaimana standar nasional pendidikan. Bentuk soal masih sama dengan tahun sebelumnya yakni pilihan ganda dan essay.

"Tiga mata pelajaran yakni Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Tiap mata pelajaran bobot soal berbeda," ujar Puji yang tahun ini juga kata dia selain Sekolah Dasar, sekolah swasta juga menggelar UASBN.

Saat disinggung kendala apa yang dijumpai saat baru pertama kali melakukan penyusunan soal, Puji bilang pastinya ada kendala, diantaranya soal kecepatan dalam penyusunan soal. "Itu pasti, Namanya baru. Biasanya ada saja, kendalanya. Tapi kita sanggup mengatasinya," sebutnya. (crew)

Related News