Tahun Ini Dana Desa Prioritas Untuk Desa Tertinggal, Suyadi : Forsi tiap desa berbeda

SUYADI, SH. 
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Tahun ini sepertinya banyak desa di Kabupaten Tebo yang menerima dana desa dari pusat, berkurang atau turun dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya, perhitungan untuk pembagian dana desa forsinya mengalami perubahan. Dana desa yang digulirkan pusat tersebut sepertinya diprioritaskan bagi desa IDT (Infrastruktur desa tertinggal) yang ada di kabupaten Tebo.

"Iya tahun ini perhitungan dana desa forsi tiap desa berbeda. Mungkin yang kemarin sedikit, bisa jadi tahun ini lebih besar. Bahkan sebaliknya," kata Suyadi Kadis PMD Tebo kepada Wartawan, Selasa (6/2/2018).

Suyadi mengakui ada perbedaan perhitungan yang disajikan pusat untuk pembagian dana desa. Rumus yang dipakai lanjut Suyadi, ada penambahan forsi persentasenya. "Kalau tahun kemarin itu porsinya 90:10 persen. Tapi kalau sekarang 77:3:20 persen," ucap Suyadi meyakini.

Pembagian tahun kemarin 90:10 persen tersebut dijelaskan Suyadi kalau adalah 90 persen dibagi rata dan sisanya disesuaikan dengan jumlah penduduk. Sementara 77:3:20 lanjut Suyadi porsinya disesuaikan dengan perhitungan pusat. Yang tadinya 90 persen pihaknya kini menurunkan menjadi 77 persen dibagi rata dan 3 persen khusus untuk desa tertinggal dan sangat tertinggal yang punya jumlah penduduk miskin terbanyak.

"Adapun sisanya, yakni 10 persen, yang merupakan formula berdasarkan jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis ditingkatkan menjadi 20 persen," tuturnya.

 "Dari empat indikator itu, kami beri bobot yang lebih besar kepada jumlah penduduk miskin menjadi 50 persen," timpal Suyadi lagi.

Untuk diketahui, jumlah total dana desa dari pusat untuk kabupaten Tebo sebesar Rp 91,6 miliar. Angka itu meningkat jika dibandingkan tahun 2017 lalu. Sementara untuk ADD yang bersumber dari APBD Tebo totalnya Rp 64,9 miliar.

Angka ini mengalami penurunan hingga mencapai Rp 3 miliar. Selain pembagian Dana desa forsi penambahan dana lain yang diterima desa ada yang bersumber dari dana bagi hasil pajak dan dana bantuan keuangan provinsi. (crew)

Related News