Terbukti Bersalah, Oknum ASN Tebo Diduga Pelaku Mesum Diberi Sanksi

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO, - Salah satu ASN Pemkab Tebo yang diduga berbuat mesum tertangkap basah oleh Sat Pol PP di kos-kosan Kabupaten Bungo beberapa bulan yang lalu dinyatakan bersalah.

Selanjutnya, ASN ini akan dikenakan sangsi penurunan pangkat selama tiga tahun. Hal ini dikatakan oleh Sekda Tebo, Abu Bakar, pada Kamis (18/01/2018).

Sekda Tebo menjelaskan bahwa dari hasil dari impestipikasi atau BAP yang dilakukan oleh tim dilapangan yang di bentuk oleh Sekda, bahwa salah satu ASN Pemkab Tebo yang diduga Mesum beberapa bulan yang lalu terbukti bersalah.

"Dari hasil impestipikasi tim kita, dinyatakan bahwa ASN tersebut dinyatakan bersalah. Dan kita juga telah mengusulkan ke Bupati untuk menanda tangani atau menyetujui sangsi yang akan diberikan," sebut Sekda Tebo, Abu Bakar kepada Wartawan.

Karena itu, lanjut Sekda mencemarkan nama baik Aparatul Sipil Negara, maka akan diberikan sangsi tegas buat salah satu ASN yang diduga mesum tersebut. Itu juga dianggap kesalahan yang berat.

"Yang jelas bersangkutan mengaku bersalah, dan bersangkutan juga mengaku telah menikah sirih," singkat sekda.

Tapi kata Sekda lagi, kalau memang sudah menikah sirih mengapa bersangkutan tidak melapor ke warga setempat, ke tokoh-tokoh masyarakat atau Ketua RT disana, sehingga tidak digrebek oleh warga.

"Nikah sirih itu tidak diatur dalam UU Pemerintah, dan kalau secara agama mungkin sah-sah saja, tapi kalau menurut undang-undang ASN harus siap menanggung resikonya," jelasnya.

Namun, sampai saat ini sebut Sekda, Tim inpestipikasi masih menunggu keputusan dari orang nomor satu di Tebo tersebut, apakah nanti disetujui atau tidak.

"Iya atau tidaknya ada ditangan Bupati, kitakan hanya mengusulkan saja, tapi keputusan itu tetap sama beliau," tutur Abu Bakar. (crew)

Related News