Polres & Wartawan Di Tebo Kompak Gelar Pelatihan Jurnalistik, Polda Jambi Beri Apresiasi

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi, Kapolres Tebo AKBP Budi Racmat beserta jajarannya poto bersama anggota For WHAT.  
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Polda Jambi sangat mengapresiasi atas hubungan baik antara Forum Wartawan Harian Tebo (For WHAT) dengan Kapolres Tebo beserta jajaran.

Ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi saat menghadiri pembubaran panitiaa Pelatihan Jurnalistik di rumah makan Sederhana, Tebo, Rabu (23/1/2018).

"Ini yang pertama kali di Jambi, Polres dan wartawan kompak gelar pelatihan jurnalistik," kata Kabid Humas Polda Jambi.

Menurut AKBP Kuswahyudi Tresnadi, pelatihan jurnalistik sangatlah penting. Apalagi pada pelatihan kemarin diikuti oleh wartawan, jajaran Polres, operator Polsek se Kabupaten Tebo dan operator OPD.

"Artinya, peserta pelatihan kemarin sudah terwakili semuanya. Mudah-mudahan dengan pelatihan kemarin, kedepannya apa informasi yang didapat dan apa Informasi yang bakal dipublikasikan, lebih bermanfaat dan bisa membangun," harapnya.

Sementara, AKBP Budi Rachmat Kapolres Tebo menjelaskan, materi yang diberikan pada pelatihan jurnalistik kemarin lebih difokuskan pada tehnik penulisan.

Menurut dia, rencana dalam sebuah penyusunan produk jurnalistik (Berita_red) yang menarik, dibutuhkan trik atau teknik penulisan yang baik.

"Jujur saja, selama ini saya membaca laporan dari anggota karena saya ingin tahu, bukan karena tulisannya menarik. Jadi dengan pelatihan kemarin, saya berharap pada seluruh anggota bisa mengemas laporan semenarik mungkin sehingga enak dibaca," kata Kapolres.

"Begitu juga dengan rekan-rekan wartawan, mudah-mudahan hasil pelatihan kemarin membuat rekan-rekan lebih profesional lagi dalam mengemas laporan," kata Kapolres lagi.

Selain mampu menghasilkan prodak jurnalis yang baik, lanjut Kapolres, yang terpenting pada pelatihan jurnalistik kemarin adalah hubungan silaturrahmi antara wartawan dengan jajaran Polres. "Saya juga berharap hubungan baik ini terus terjaga," tutupnya.

Diketahui, mengawali tahun 2018 ini, For WHAT bekerjsama dengan Polres Tebo gelar pelatihan jurnalistik. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni 12-13 Januari 2018, di aula pendopo rumah dinas Bupati Tebo.

Pelatihan ini diikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari jajaran Polres Tebo, operator Polsek se kabupaten Tebo, wartawan liputan Tebo serta beberapa operator OPD di Pemkab Tebo.

Pada pelatihan ini, Rijanto Witjaksono Maneger News Gathering MNC Media dan Mursyid Sonsan Pendiri sekaligus pengurus SMSI pusat dihadiri sebagai narasumber.

"Kita sengaja gelar pelatihan jurnalistik ini dengan materi teknik penulisan berita dan pengambilan video. Tujuannya untuk meningkatkan kreatifitas, kualitas, tanggungjawab dan penguatan etika jurnalis," kata Ade Saputra Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik. (crew)

Related News