Pilkades Serentak 2018 : BPMPD Tebo Ajukan 40 Desa, Calon Kades Minimal Tamatan SMP

SUYADI, SH. 
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kabupaten Tebo, pada tahun 2018 ini termasuk salah satu penyelenggara Pemilihan Kades Serentak (Pilkades). Badan PMD Kabupaten Tebo selaku OPD terkait telah melakukan verifikasi, tercatat ada 38 orang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tebo yang berakhir jabatan dan akan mengikuti Pilkades serentak pada tahun 2018 ini.

"Hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh tim kita, ada 38 desa yang masa jabatannya habis dan bakal mengikuti Pilkades serentak di tahun 2018 ini," ujar Kepala BPMPD Kabupaten Tebo, Suyadi kepada Wartawan, Rabu (10/1/2018).

Terkait ketentuan dan persyaratan pencalonan, Suyadi mengakui masih sama dengan aturan tahun sebelumnya. Untuk para calon kades harus memiliki ijazah paling rendah SMP Sederajat. Sedangkan untuk susunan perangkatnya, diwajibkan tamat SMA sederajat.

Akan tetapi diakui Suyadi, meskipun hasil verifikasi berjumlah 38 desa, untuk pengajuan anggaran dalam perhelatan tersebut pihaknya mengajukan sebanyak 40 desa. Hal ini dilakukan untuk antisipasi, adanya kades yang menyatakan mengundurkan diri, ikut menjadi caleg anggota DPRD.

"Untuk antisipasi anggaran kita mengajukan anggaran sebanyak 40 desa," ungkapnya.

Suyadi juga enggan berkomentar terkait anggaran, pasalnya pihakya hanya mengajukan TAPD dan kewajiban pihak tersebut yang menganggarkan berapa anggaran APBD yang bakal disisihkan untuk Pilkades serentak di 2018 ini.

"Kita sifatnya mengusulkan, untuk maka dari itu kita belum bisa menyebutkan berapa anggaran tersebut," terangnya.

Untuk persiapan awal, pihaknya juga sudah menginstruksikan para Camat dilanjutkan ke BPD di desa untuk melakukan persiapan menyambut Pilkades serentak nantinya. Tetapi Suyadi juga belum memastikan bulan berapa akan berlangsung, karena belum ada intruksi dari provinsi Jambi. (crew)

Related News