Menetapkan Prioritas Pembangunan, Bapeda Batanghari Gelar Musrenbang Kabupatem

TEBOONLINE.COM, MUARABULIAN - Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Batanghari gelar acara Musawarah Pembangunan Daerah yang pertama di Tahun 2018, bertempat di Kantor Camat Muara Tembesi, Senin (15/1/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua BAPPEDA Kabupaten Batanghari Mulawarman, Ketua DPRD Kabupaten Batanghari M.Mahdan, Camat Muara Tembesi Asri Yonalsyah, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Para Tamu Undangan yang lain dari Desa setempat.

Dalam hal ini, Ketua Panitia selaku penanggung jawab acara dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari acara tersebut adalah yang pertama menyepakati prioritas usulan hasil musrenbang Desa/Kelurahan yang akan menjadi prioritas pembangunan Kecamatan, program dan kegiatan yang dibahas lalu di sepakati yakni, program dan kegiatan yang menjadi urusan wajib pilihan sesuai fungsi OPD/gabungan OPD dengan mengacu kepada standar pelayanan minimal.

Dan yang kedua yakni membahas dan menetapkan prioritas pembangunan Kecamatan yang tidak tercakup dalam prioritas pembangunan Desa, sekaligus menyepakati Delegasi/Utusan yang akan mewakili Kecamatan dalam memperjuangkan hasil musrenbang Kecamatan pada Forum Musrenbang Kabupaten.

Dirinya juga menyampaikan bahwa acara tersebut diadakan selama dua hari berturut-turut yakni pada tanggal 15 s/d 16 Januari 2018. dengan agenda pada hari pertama untuk pemaparan materi Musrenbang dari Camat Muara Tembesi, dan penyampaian sambutan kegiatan pembangunan dari nara sumber yakni DPRD dan OPD terkait.

Dan pada agenda hari kedua adalah untuk membahas dan mendiskusikan serta memberikan skor terhadap usulan DU-RKPDES yang menjadi prioritas pada perangkat daerah yang menjadi penanggung jawab usulan, serta penandatanganan berita acara Musrenbang Kecamatan.

Dirinya berharap semoga seluruh peserta Musyawarah hendaknya dapat menyepakati dan menentukan yang terbaik sesuai dengan tujuan Musrenbang tersebut.

Sementara itu, Camat Muara Tembesi Asri Yonalsyah dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Musrenbang pada tahun 2018 ini adalah bentuk dari perencanaan partisipatif masyarakat, yang merupakan Forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan Daerah.

"Dengan diadakannya acara tersebut semoga saja kami dari pihak Kecamatan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD Kabupaten, Sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan Kecamatan dengan prioritas pembangunan SKPD, yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, maupun dari APBN," katanya.

Dirinya juga mengatakan bahwa Musrenbang tersebut, dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat Desa, yang telah selesai dilaksanakan sejak tanggal 26 Desember 2017 yang lalu sampai pada 7 januari 2018, kemudian akan dilanjutkan sampai ke tingkat Kabupaten.

"Saya berharap semoga saja dengan diadakannya Musrenbang tersebut bisa menjadi media interaktif bagi segenap Stake Holders Kecamatan, untuk dapat menetapkan program dan kegiatan Kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung Implementasi program kegiatan Tahun Anggaran berikutnya, dan bisa membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, Transparan, dan Akuntabel," pungkasnya.

Acara demi acara telah dilaksanakan dalam Musrenbang tersebut termasuk dengan pemaparan Materi dari Ketua BAPPEDA Kabupaten Batanghari Mulawarmansyah, yang mana pada pematerinya Mulawarman menyampaikan, segeralah optimalkan sumber daya manusia untuk akslerasi pembangunan daerah dengan mempercepat pembangunan SDM ekonomi kerakyatan, dan infrastruktur pelayanan dasar.

"Adapun sasaran prioritas pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari di antaranya adalah, Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat, Meningkatkan kualitas masyarakat yang berkarakter mandiri dan inovatif, Meningkatkan sumber daya manusia yang sehat, Meningkatkan daya saing petani, Pemerataan pendapatan masyarakat, dan Meningkatkan iklim investasi daerah," pungkasnya. (iip)

Related News