Ini Dia Target PAD Tebo Tahun 2018, Nazar : Tahun Lalu Over Target

Retribusi parkir kendaraan bermotor merupakan salah satu sektor pajak di Kabupaten Tebo. 
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Pada tahun 2018 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten menargetkan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 72,8 Milyar. Target tersebut bersumber dari pajak daerah, retribusi dan pajak pengelolaan daerah yang dipisahkan serta lain-lain pajak yang sah.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Tebo, Nazar Efendi mengatakan, target PAD Tebo tahun 2018 ini hampir sama dengan target PAD tahun 2017 lalu. Jika tahun lalu capaian PAD melebihi target yang ditetapkan, dirinya berharap target tersebut juga bisa tercapai tahun ini.

Nazar merincikan, dari target Rp 72,8 milyar tersebut, pemerintah menetapkan target dari sektor pajak daerah Rp 16,5 milyar, kemudian dari sektor retribusi Rp 5 milyar, hasil pengelolaan daerah yang dipisahkan Rp 7 milyar dan lain-lain PAD yang sah Rp 44,4 milyar.

“Target tahun ini hampir sama dengan tahun lalu, rinciannya seperti yang saya sebutkan tadi. Tahun lalu capaian PAD kita over target, kalau persentasenya 100,76 persen,” ujar Nazar Efendi, Kamis (11/01).

Kepala BKD menjelaskan, dari beberapa sektor tersebut, capaian yang over target dari sektor pajak daerah yakni PBB, pajak hotel, restoran, galian c dan lain-lain.

“Dari beberapa sektor tersebut target terbesar memang dari lain-lain PAD yang sah yakni mencapai Rp 44 milyar lebih. Tapi dari sektor pajak daerah, potensinya cukup bagus, buktinya tahun lalu dari sektor itu capainnya lebih besar dari target yang kita tetapkan,” jelas Nazar.

Dirinya yakin target PAD tahun 2018 ini akan kembali tercapai seperti tahun lalu. ”Kita optimis target itu tercapai bahkan over seperti tahun lalu. Apalagi capaian tersebesar itu dari pajak daerah seperti hotel, restoran, galian C seperti pasir dan batu-batuan. Untuk galian C meskipun izin sudah dialihkan ke provinsi, tapi pajaknya tetap milik daerah sehingga capain bisa kita genjot, begitu juga sektor yang lain yang akan kita maksimalkan,” pungkasnya. (crew)

Related News