Hadapi Pileg 2019, KPUD Batang Hari Lakukan Verifikasi Faktual

A. KADIR. 
TEBOONLINE.COM, MUARABULIAN - Menjelang Pemilu Legislatif tahun 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Hari terus lakukan Verifikasi faktual kepada beberapa Partai baru yakni, Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Perindo, dan terakhir Partai PSI.

Namun perlu diketahui ada beberapa Partai yang sudah pernah mengikuti Pemilu sebelumnya maka Partai tersebut tidak perlu melakukan verifikasi faktual lagi, Proses verifikasi faktual tersebut hanya diberlakukan kepada beberapa Partai Baru saja.

Berkenaan dengan hal tersebut Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari, M.Zamani melalui Komisioner KPU, A.Kadir saat diwawancarai oleh beberapa awak media di ruang kerjanya mengatakan, untuk saat ini pihak dari KPU masih melakukan Verifikasi Faktual kepada beberapa Partai yang baru dan terus menghimbau kepada beberapa partai yang belum melakukan Verifikasi tersebut agar segera melengkapi semua persyaratan yang telah di tentukan.

"Alhamdulillah saya bersama rekan - rekan KPU yang lain telah melakukan Verifikasi Faktual tersebut kepada Partai Perindo dan PSI, dan hasilnya pun telah disampaikan pada tanggal 06 Januari kemarin. Namun ada dua Partai lagi yakni Partai Garuda dan Partai Berkarya, yang belum melakukan proses Verifikasi Faktual tersebut," katanya.

Dirinya juga mengatakan bahwa pada saat ini Partai Berkarya dan Partai Garuda masih dalam tahap Verifikasi Faktual tersebut dan hasilnya akan di sampaikan pada tanggal 12 Januari 2018 ini.

"Perlunya diadakan proses Verifikasi Faktual tersebut dikarenakan hasil dari verifikasi tersebut nantinya juga akan menentukan penetapan peserta pemilu oleh KPU RI, dan juga ada beberapa Partai yang telah mengikuti Proses Verifikasi pada Pemilu sebelumnya yang tidak perlu di Faktualkan lagi hal tersebut dilakukan berdasarkan ketentuan Undang-Undang, namun apabila ada putusan dari Mahkamah Konstitusi diharuskan melakukan Verifikasi faktual maka tetap juga akan diFaktualkan," ujarnya.

Dirinya kembali menambahkan bahwa untuk syarat Partai agar bisa lolos ke Pemilu mendatang semua Partai yang belum diverifikasi, maka dari pihak KPU Batanghari akan turun ke lapangan untuk melihat keanggotaan mereka ada atau tidak, dan memverifikasi kepengurusan di tingkat Kabupaten, memperhatikan keterwakilan perempuan, kemudian akan dilihat domisili keberadaan kantor atau sekretariat Partai tersebut.

"Sejauh ini saya berikut rekan-rekan dari KPU Kabupaten melakukan Verifikasi ke lapangan menemukan ada juga beberapa Partai yang tidak memenuhi syarat, dikarenakan ada beberapa Orang yang tidak dapat kita temui, namun hal tersebut tidak menjadi permasalahan dikarenakan dari pihak KPU akan meminta kepada pihak PARPOL agar mendatangkan orang tersebut, dan apabila dari pihak PARPOL juga tidak dapat mendatangkan orang tersebut maka akan dipastikan PARPOL tersebut tidak memenuhi syarat," pungkasnya. (iip)

Related News