Alokasi DAK 2018 Untuk Kabupaten Tebo, Alami Penurunan

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Seperti pada tahun sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo selalu mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN.

Namun, DAK yang diterima pemerintah kabupaten Tebo dari pemerintah pusat mengalami penurunan di tahun 2018 ini.

DAK untuk Kabupaten Tebo bidang fisik hanya Rp 45,5 milyar dibanding tahun 2017 yang mencapai Rp 60 milyar. Sementara itu, untuk non fisik tahun ini mencapai Rp 94,4 milyar.

"Kalau untuk non fisik jumlahnya hampir berimbang lah," ujar Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tebo Nazar Efendi, Senin (1/1).

Dijelaskan Nazar, penyebab menurunnya DAK karena ada sejumlah OPD yang tidak mendapat alokasi seperti Disperindag. Bahkan ada juga penurunan alokasi seperti untuk jalan yang hanya Rp 18,5 milyar di tahun ini padahal tahun kemarin mencapai Rp 23,9 milyar.

Tim dari pusat tersebut akan melakukan pendataan ke daerah sehingga ia minta kepada OPD agar memberikan data yang akurat. Pasalnya, data yang diberikan akan berpengaruh pada DAK yang akan dikucurkan.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Sarjono dikonfirmasi terpisah menjelaskan jika tahun ini ada peningkatan DAK pada Dinas yang ia pimpin yang akan digunakan untuk menjalankan sejumlah program.

"Yang  jelas ada untuk pembangunan infrastruktur pertanian seperti pembuatan DAM,  parit, sumur dalam untuk sumber irigasi lahan tadah hujan. Alokasi DAK tahun ini Rp 2.7 milyar atau meningkat Rp 1 milyar dibanding tahun sebelumnya," pungkas Sarjono. (crew)

Related News