Tuesday, December 5, 2017

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo, Selasa (5/12/2017) mendatangi Lapas Kelas II B Muara Tebo. Kedatangan tersebut guna melakukan pemeriksaan terhadap ratusan warga binaan Lapas Kelas II B Muara Tebo dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia.

"Pemeriksaan yang kita (Dinkes, red) lakukan terhadap puluhan warga binaan lapas kelas II B Muara Tebo adalah dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia," ujar Merita, Kasi Pengendalian Dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo kepada Wartawan.

Lanjutnya, pemeriksaan yang kita lakukan terhadap warga binaan tersebut, khusus untuk penyakit HIV atau AIDS.

Dijelaskannya, pemeriksaan awal, masing- masing warga binaan diambil darahnya pada salah satu ujung jari tangan dengan menggunakan alat Repites dan alat skrining.

Kata Merita lagi, Untuk hasil pemeriksaan awal sudah bisa diketahui 15 menit sesudah pengambilan darah. Positif atau negatifnya hasil pemeriksaan tersebut bukan untuk konsumsi publik hanya diberitahukan kepada penderita dan pihak lapas, sedangkan mereka yang positif nantinya akan diobati dirumah sakit umum Tebo.

"Meskipun penyakit HIV atau AIDS tergolong penyakit menular, namun penularannya cukup sulit dilakukan yaitu harus melalui hubungan badan, jarum suntik atau darah yang bercampur," pungkasnya. (crew)