Diduga, Jalan Aset Pemda Batanghari Dialih Fungsikan

TEBOONLINE.COM, BATANGHARI - PT IIS kembali menjadi sorotan, pasalnya Jalan produksi perkebunan di desa Sengkati Mudo diduga dialih fungsikan oleh pihak perusahaan menjadi jalan produksi perusahaan PT IIS.

Usman Yusup.ST selaku ketua LSM KOMPITAL saat di wawancarai Tebo Online.Com mengatakan bahwa jalan yang dibangun oleh pemerintah provinsi Jambi sepanjang 3 km pada tahun 2013 kini dibangun kembali oleh pihak perusahaan untuk dijadikan jalan milik perusahaan.

Padahal jalan tersebut merupakan aset Pemda Kabupaten Batang Hari yang dikhawatirkan jalan tersebut menjadi bumerang dikemudian hari apabila nanti pihak perusahaan membuat portal akses keluar masuk masyarakat akan terganggu.

"Kami minta kepada pemerintah terutama Kepala Desa setempat agar mengambil tindakan sedini mungkin agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Perusahaan harus membuat perjanjian tertulis dengan pihak desa dan masyarakat setempat.

Apalagi menurut keterangan dari desa tetangga desa Tanjung Putra, dalam hal ini Kepala Desa Tanjung Putra yang kerap di panggil BOWOK menyatakan bahwa pembukaan jalan perusahaan tersebut, perusahaan melakukan pembebasan lahan dengan nilai +_Rp.15000/meter.

"Jalan produksi yang dibangun oleh Pemda dan Provinsi Jambi pada tahun 2013 lalu sebagian besar merupakan hibah dari pak Salim sebagai tokoh masyarakat Sengkati yang dikhawatirkan takut ada oknum tertentu yang memanfaatkan momen ini sehingga bisa menjadi masalah bagi masyarakat pengguna jalan tersebut," ujar Usman Yusup ST menambahkan.
 
Kepala Desa Sengkati Kecil ketika dimintai keterangan belum bisa ditemui, Sabtu (01/12/2017). Hari ini, Sekretaris Dinas Perkebunan ketika dikonfirmasi terkait masalah ini di ruang kerjanya  mengatakan akan berkoordinasi dengan kepala desa setempat.
 
Sampai berita ini ditayangkan, belum ada dari pihak perusahaan yakni PT IIS yang bisa di temui atau di hubungi melalui via telepon untuk di confirmasi terkait permasalahan ini. (ip)

Related News