WARNING!!! Ini Dia Daerah Rawan Bencana Di Kabupaten Tebo Saat Ini

Rumah warga yang terkena banjir pada musim hujan kali ini. 
TEBOONLINE.COM - Curah hujan yang turun pada akhir ini, membuat beberapa desa yang ada didalam Kabupaten Tebo mengalami kebanjiran. Terkait hal itu, Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat melalui Kabag Ops Polres Tebo Kompol M.Jalaluddin mengakui pihaknya sudah melakukan pemetaan daerah rawan bencana di Kabupaten Tebo untuk tahun 2017. Dari hasil kajian tim pihak polres juga sudah menetapkan tiga zona rawan bencana meliputi banjir, longsor dan angin puting beliung.

Dari kajian tim dibenarkan oleh Kabag OPS, untuk zona banjir dari 12 Kecamatan  terdapat di 7 Kecamatan dengan pemetaan desa per Kecamatan.

Kecamatan Tebo Tengah, meliputi desa Bedaro Rampak  dan Bangun Jayo. Kec.Tengah Ilir, desa Lubuk Mandarsah, Rantau Api dan desa Mangunpeh. Kec. Sumay, desa Tambun Narang, Teluk Singkawang, Punti Kalo dan desa Teriti.

Selanjutnya, Kec.Tebo Ilir terjadi di desa Kunangan. Kec.Muara Tabir , desa Pintas Tuo, Bangko Perintis, Tanah Garo, Tabun Arang, Embacang Gedang dan desa Olak Kemang. Untuk kec. Serai Serunpun , desa Pagar Puding lamo dan terakhir Kec.Tebo Ulu, desa Pagar Puding dan Jambu.

Untuk zona longsor, menurut jajaran polres terdapat di tiga kecamatan. Kecamatan Tebo Tengah, terdapat di wilayah  desa Sungai Alai. Kec. Tebo Ilir, Desa Sungai Bengkal Barat dan Kec. Muara Tabir di desa Embacang Gedang. Sedangkan untuk zona bencana Puting Beliung di wilayah desa Penapalan di kecamatan Tengah Ilir.

Selain itu, Kabag OPS M.Jalaluddin menambahkan, polres juga sudah menginstruksikan ke jajaran Polsek untuk melakukan sosialisasi di daerah yang rawan bencana. Menurut dia, jika sudah tahu risikonya masyarakat bisa lakukan antisipasi mandiri.

"Tidak hanya sosialisasi, anggota kita juga sudah siap siaga dilapangan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk menanggapi terjadinya bencana banjir di Kabupaten Tebo polres tebo juga tergabung dengan tim untuk penanggulangan bencana bersama pemerintah daerah, TNI dan relawan.

"Untuk saat ini tim penanggulangan bencana Polisi, TNI bersama pemerintah daerah juga sudah membuat posko di beberapa kecamatan dengan posko induk di Tanggo Rajo kec. di   Tebo Tengah," pungkasnya. (crew)

Related News