Realisasi Dana Desa Sapta Mulia, Pembangunan Yang Menyentuh Rakyat

Dari kiri ke kanan baju batik warna hijau Pjs Kades Sapta Mulia Mingan poto bersama Kaur desa. 
TEBOONLINE.COM – Masyarakat desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang berterima kasih kepada pihak desa yang telah memanfaatkan dan merealisasikan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD) secara maksimal.

Pasalnya, realisasi Dana Desa yang turun secara regulasi tiap tahun ini di Sapta Mulia sangat dirasakan oleh masyarakat setempat. Baik itu realisasi dalam bidang pembangunan sarana umum, infrastruktur maupun dalam realisasi bidang pemberdayaan masyarakat.

Hal itu seperti yang dilontarkan oleh Ucok Marpaung, warga setempat pada Teboonline.com. Pria yang biasa disapa Ucok ini tidak banyak berkomentar menanggapi lajunya pembangunan desa Sapta Mulia sejak sebelum dan sesudah ada Dana Desa.

“Pokoknya sudah banyak perubahan di desa Sapta Mulia ini, salah satunya yang sangat membantu warga adalah pembukaan jalan – jalan produksi yang dapat mempermudah akses warga mengeluarkan hasil kebunnya,” ungkap Ucok, Minggu (19/11/2017).

Joko, ditempat terpisah pada Teboonline.com juga menuturkan bahwa dirinya juga baru saja mendapatkan bantuan Jamban dari pihak desa Sapta Mulia. Ia merasa terbantu dengan bantuan Jamban sehingga lengkap sudah kriteria program rumah yang memiliki Sanitasi air bersih.

Pjs Kades Sapta Mulia, Mingan dalam bincang – bincangnya bersama Teboonline.com di ruang kerjanya membenarkan bahwa sebanyak 42 rumah tangga yang kurang mampu mendapatkan bantuan Jamban dari pihak desa dimana pengadaannya dialokasikan dari Dana Desa tahun 2017 ini.

“Sejalan dengan program Dinas Kesehatan tentang Sanitasi Air Bersih, desa Sapta Mulia memberikan bantuan Jamban sebanyak 42 unit kepada warga yang kurang mampu,” jelas Mingan yang didampingi Bendahara desa, Sutris.

Pembangunan Sumur Bor juga dilakukan oleh pihak desa mengingat kebutuhan sarana air bersih oleh warga sangat diperlukan sekali terlebih lagi ketika musim kemarau datang. Pembangunan Sumur ini dilakukan dekat dengan lingkungan Masjid dan disalurkan kepada warga.

“Ada 6 titik pembangunan Sumur Bor yang tersebar di 6 Dusun dan tahun ini juga kita buka jalan baru sepanjang 2 Km dan servis jalan 3,5 Km,” sebut Mingan lagi.

Yang sedang digalakan seperti pada desa – desa lainnya pada saat ini adalah BUMDes, Sapta Mulia berencana membuka biro jasa seperti perdagangan umum, jasa terima pembayaran seperti bayar listrik dan lainnya.

Realisasi fisik Dana Desa Sapta Mulia beber Mingan lagi, sudah dapat dilihat dikawasan kantor desa Sapta Mulia seperti Panggung kesenian, gedung kantor desa dan Aula yang saat ini sedang dalam tahap pekerjaan. (crew/Adv)



Related News