Dukcapil Tebo Sebut SDM Di Kantor Camat Kurang, Jadi Penyebab Perekaman E-KTP Dialihkan Ke Kabupaten

Pelayanan perekaman E-KTP di Dinas Dukcapil Tebo. 
TEBOONLINE.COM - Jumlah perekam E-KTP di Dinas Catatan Sipil Kabupaten Tebo membludak pasca berhentinya perekaman di tingkat kecamatan. Masyarakat dari 12 Kecamatan harus ke Paal 12 Muara Tebo untuk melakukan perekaman E-KTP.

Namun perekaman di Dukcapil hanya mampu 50 hingga 60 perekaman per harinya, sedangkan pemohon lebih dari jumlah tersebut hingga ratusan pemohon per harinya.

"Alat di kecamatan tersebut sebetulnya untuk mempermudah akses masyarakat di tingkat kecamatan. Kami tetap pertahankan alat di kecamatan dan sekarang kita sedang mencari solusi satu diantaranya mungkin adanya Sumber Daya Manusia (SDM) dari Capil," kata Kabid Kependudukan dan Capil, Bekti Ferry Densi pada awak media, Selasa (21/11/2017).

Dijelaskannya jika permasalahan di tingkat kecamatan adalah terkait dengan SDM yang masih kurang sehingga perlu adanya solusi. "Kita udah konfirmasi kalau alat bagus hanya saja SDM tidak ada sehingga orang berduyun-duyun ke sini, apalagi sekarang tidak langsung bisa cetak E-KTP," jelasnya.

Permasalahan yang ada di Dukcapil Tebo justru alat perekam KTP-El hanya satu sedangkan dua alat lainnya mengalami kerusakan. Ditambahkannya, kondisi di pusat juga mengalami kendala sehingga berdampak terhadap perekaman E-KTP yang ada di daerah.

Solusinya untuk kepengurusan dokumen administrasi yang sifatnya mendesak dilakukan surat keterangan KTP- EL sementara. Dari data Dukcapil warga Tebo yang sudah melakukan perekaman per 7 November 200.983 orang dan yang belum merekam 27.051 orang.

Warga yang Sudah cetak KTP El mencapai 194.465 orang dan yang belum cetak 4.030 orang. Sehingga jika ditotal warga yang sudah memiliki KTP El sebanyak 194.465 dan yang belum sebanyak  33.569 orang. (crew)

Related News