Bawaslu Tebo Berharap Adanya Pengawasan Pemilu Partisipatif

TEBOONLINE.COM - Tahapan demi tahapan terus dilakukan pihak penyelenggara pemilihan umum demi meminimalisir terjadinya pelanggaran yang terjadi karena jika dilihat dari yang sudah terjadi, pemilihan pada saat pilkada sempat meninggalkan permasalahan yang hingga saat ini masih membekas terutama dikalangan masyarakat kabupaten Tebo.

Agar hal yang tidak diinginkan kembali terjadi pada saat pemilu berikutnya, Surahman, Ketua Panwaslu Kabupaten Tebo menjelaskan bahwa ada solusi yang bisa dijadikan tamèng agar hal-hal yang dapat merugikan tidak lagi terjadi.

Seperti melibatkan langsung masyarakat agar ikut melakukan prosesi pengawasan pada saat tahapan pemilu dilaksanakan karena hal tersebut tidak dilarang dikarenakan pengawasan pemilu partisipatif terhitung sangat menentukan.

"Pengawasan pemilu partisipatif sebenarnya solusi dari semua permasalahan saat tahapan Pemilu dilaksanakan karena semua peserta partisipatif secara garis besar adalah masyarakat yang melakukan pengawasan secara hakikat demokrasi sebagai pelaku utama dalam pemilu," ujarnya.

Dan agar jalannya bisa terus berlanjut, Surahman berharap agar peran masyarakat dalam pengawasan pemilu bisa dilaksanakan dengan memberi informasi awal, mencegah pelanggaran, mengawasi dan memantau dan melaporkan setiap apa yang menjadi temuan masyarakat yang untuk selanjutnya bisa di tindak oleh penyelenggara pemilu.

"Ragam aktivasi pusat partisipasi masyarakat ada banyak, kita dari Bawaslu siap mendorong pelaksanaan pemilu agar sesuai dengan tujuan dan masyarakat bisa ikut berperan dan kalau perlu hingga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu," tukasnya. (crew)

Related News