Penyakit Gatal – gatal & Bernanah, Serang Warga Teluk Rendah

TEBOONLINE.COM – Belasan orang warga Teluk Rendah Kecamatan Tebo Ilir menderita penyakit kulit gatal-gatal dan bernanah. Penyakit ini tidak hanya menyerang anak-anak, namun beberapa orang dewasa juga mengalami gatal-gatal.

Seperti pengakuan dari pihak pengelola TK Cahaya Hati desa Teluk Rendah Ilir, Radiah. Dia mengaku sudah sebulan ini anak-anak di sekolahnya terserang penyakit gatal-gatal tersebut. "Di TK kita ada dua puluhan lebih anak kita terkena penyakit gatal," ujarnya.

Sementara, Amin salah satu orang tua yang anaknya terkena penyakit gatal  menduga, penyakit gatal-gatal tersebut diduga kuat akibat air PDAM yang tercemar limbah PT Makin. "Kalau hujan kan limbah PT Makin meluap ke sungai Batanghari. Nah air ini yang disedot sama pihak PDAM dan didistribusikan ke warga (pelanggan)," menurut Amin.

Kejadian ini, kata Amin, sebenarnya sudah terjadi sejak satu tahun lalu. Namun, yang terparah sejak sebulan terakhir ini. "Harapan dari masyarakat setempat minta kepada pemerintah daerah untuk melakukan cek dari air PDAM dan limbah perusahaan setempat," kata berharap.

Sementara, Jazmi Kades Teluk Rendah Ilir saat dikonfirmasi membenarkan adanya penyakit gatal-gatal dan bernanah menyerang warganya. Ditanya terkait dugaan dari masyarakat yang mengatakan jika penyakit gatal-gatal tersebut disebabkan oleh limbah perusahaaan yang mencemari air PDAM, dirinya tidak berani memastikannya.

"Kita tidak berani memastikan penyakit ini berdampak karena itu. Barang kali bisa jadi, tapi itu butuh pembuktian, kita tidak bisa langsung membenarkannya," singkatnya. (us) 


Related News