Asma Kambuh, Jamaah Haji Asal Rimbo Bujang Tebo Wafat

Saiun Bin Mat Gading Alm. 
TEBOONLINE.COM - Berita duka diterima oleh kantor Kementerian Agama Kabupaten Tebo, pasalnya ada satu Jamaah Haji asal Kabupaten Tebo wafat di tanah suci.

Kasi Haji dan Umroh kantor Kementrian Agama Kabupaten Tebo Lukman,S.Ag kepada awak media mengatakan bahwa salah satu Jamaah Haji Asal Tebo meninggal dunia.

"Berdasarkan dari informasi ketua rombongan pada Kloter 24, satu jamaah kita meninggal dunia," ujar Lukman,  Kamis (07/09).

Dijelaskan juga bahwa jamaah yang meninggal bernama Saiun Bin Mat Gading. Wafatnya Almarhum di kamar hotel Makkah jam 6.30 WAS pada 7 September 2017 karena sesak nafas atau asma, dimana sakit asma ini ialah sakit yang sudah dideritanya atau bawaan sejak dirinya di Rimbo Bujang.

"Almarhum adalah warga desa Tirta kencana Kecamatan Rimbo Bujang atas nama Saiun bin Mat Gading usia 68 tahun," terangnya.

Adapun menurut Lukman menambahkan bahwa almarhum berangkat sendirian tanpa isteri dan telah selesai melakukan rangkaian ibadah haji.

"Iya, almarhum pergi sendirian, kami turut berduka cita, semoga ibadah hajinya diterima oleh Allah SWT dan memperoleh haji mabrur dan diberikan ganjaran sorga sesuai yg dijanjikannya haji mabrur tiada balasannya kecuali sorga amin," imbuhnya.

Sementara itu, sekedar mengingatkan bahwa diberitakan sebelumnya Lukman, Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Kabupaten Tebo saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa untuk CJH Kabupaten Tebo akan diberangkatkan pada tanggal 21 Hingga 22 Agustus, jadwal ini sudah sesuai dengan hasil rapat bersama Kabupaten Kota lainnya.

"Ini sudah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pada rapat beberapa waktu yang lalu," ujar Lukman.

Selain itu, lanjutnya, keberangkatan kali ini sedikit ada perubahan jika dibandingkan pada tahun yang lalu, yang mana pada tahun yang lalu keberangkatan dilakukan pada malam hari, sedangkan untuk tahun ini akan dibengkatkan pada siang hari.

"Jika tahun lalu berangkatnya pada malam hari, untuk tahun ini para Jamaah Haji diberangkatkan pada siang, dan keberangkatan tetap dipusatkan dimasjid Agung Al-Ittihad Kabupaten Tebo," ungkapnya.

Selanjutnya dirinya juga menyampaikan, untuk Calon Jamaah Haji Kabupaten Tebo yang berangkat berjumlah 201 orang, jumlah tersebut meningkat jika jika dibandingkan pada tahun yang lalu, tahun yang lalu sebanyak 127 orang.

"Tahun ini sedikit ada penambahan kuota, untuk Kabupaten Tebo sekitar 74 orang. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan pada tahun yang lalu," jelasnya.

Tambahnya lagi, adapun Calon Jamaah Haji yang tertua pada keberangkatan kali ini yakni berumur 82 tahun, sedangkan yang termuda berumur 32 tahun.

"Yang tertua ada 1 orang berusia 82 tahun atas nama Saleh, dan yang termudah 1 orang berusia 32 tahun," pungkas Lukman Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Kabupaten Tebo. (crew)

Related News