Monday, September 25, 2017

Jembatan desa Purwoharjo Kecamatan Rimbo Bujang yang terbuat dari Box Culvert.  Lokasi ini akan dibangun
jembatan senilai Rp 4 Milyar, namun batal dikerjakan pada tahun ini.
TEBOONLINE.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tebo Hendry Nora, pada keterangannya saat diwawancara oleh Teboonline.com menyatakan bahwa 4 paket proyek pembangunan jembatan di empat Kecamatan di Kabupaten Tebo yang sudah dianggarkan pada tahun 2017 ini, ada satu yang batal dikerjakan.

Yaitu proyek pembangunan jembatan desa Purwoharjo Kecamatan Rimbo Bujang, alasannya adalah karena pada saat proses lelang di ULP (Unit Layanan Pengadaan), lelang tersebut tidak ada pemenangnya.

Sementara itu, tiga paket lainnya yang sudah ada pemenang lelangnya dan dikerjakan pada tahun ini adalah pembangunan jembatan desa Suka Damai Kecamatan Rimbo Ulu, SP 6 Serai Serumpun dan pembangunan jembatan di Pemayongan Kecamatan Sumay.

“Untuk paket proyek pembangunan jembatan desa Purwoharjo, tidak ada pemenang lelangnya di ULP. Jadi terpaksa kita batalkan meskipun sudah dianggarkan sekitar Rp 4 M pada tahun ini dan akan dianggarkan lagi pada tahun depan,” ujar Hendry Nora, Senin (25/9).

Sementara itu, Daryono, salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Rimbo Bujang sangat menyayangkan dengan dibatalkannya pembangunan jembatan desa Purwoharjo yang sudah dianggarkan pada tahun ini. Apapun itu alasannya, karena lokasi titik jembatan ini berada di jalan yang sangat vital.

“Kenapa yang tiga proyek jembatan itu bisa ada pemenangnya dan bisa dikerjakan pada tahun ini, apa tidak sama proses dan masa kerjanya, seharusnya prioritaskan dong jembatan desa Purwoharjo ini di lelang di ULP, didahulukan prosesnya. Kalau batal begini, masyarakat kecewa berat yang sudah menanti – nanti dari dulu,” tegas Daryono.

Sedikit mengulas ke belakang, jembatan desa Purwoharjo belum lama ini nyaris putus karena jembatan yang berbentuk Box Culvert tersebut diterjang arus Sungai yang tidak mampu menampung debit air hujan.

Berulang kali, kendaraan yang lalu lalang melintasi jembatan tersebut terjebak dan nyaris tercebur ke dalam Sungai tersebut. Lokasi jembatan ini berada pada jalan Kabupaten yang menghubungkan simpang jalan 21 desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang dengan simpang Pal 12 Kecamatan Tebo Tengah. (crew)