Horeeee.... Petani Tebo Bakal Dapat Pinjaman Hand Tractor

Bantuan alat pertanian yang akan dipinjamkan kepada petani Tebo.
TEBOONLINE.COM - Sebanyak 50 unit bantuan peralatan petani bakal dipinjamkan ke petani tebo. Peralatan tersebut berupa handtractor, combaine dan alat tanam jagung. 

Seluruhnya merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada pemerintah Tebo. Ini disampaikan oleh Kembar Nainggolan, Kabid Sarana dan Prasarana, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Tebo.

Kembar mengatakan, seluruh alat pertanian tersebut nantinya bakal dipinjamkan ke petani yang membutuhkannya. "Silahkan saja kalau ada petani yang mau pinjam datang saja ke kantor. Bawa data dari kelompok tani dari desa mana," ucapnya.

Sejauh ini kata dia, sudah ada kelompok tani yang megajukan pinjaman. Sedikitnya sudah ada enam unit handtractor yang dipinjamkan ke petani. Alat ini kata dia yang paling banyak dipinjam petani untuk menggarap lahan. 

"Yang handtractor sudah semua kita pinjamkan. Yang ada tinggal alat tanam padi dan jagung," terangnya.

Kembar melanjutkan, untuk alat tanam jagung kemungkinan bakal di salurkan ke daerah VII Koto. Pasalnya kata dia, daerah ini adalah sentra area lumbung jagung yang ada di kabupaten Tebo. 

"Kumungkinan yang alat tanam jagung kita salurkan ke VII koto. Sebab disana banyak jagung," sebutnya meyakini.

Dirinya berharap dengan adanya bantuan peralatan tani ini, masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik baiknya. Selain itu, daerah yang dulunya merupakan lumbung padi bisa lebih meningkatkan hasil panennya. 

"Petani bisa turun lagi ke ladang dan menggarap lahannya kembali," ajaknya. (crew)

Related News