Gelapkan Dana TKD, Mantan Pjs Kades Sungai Alai Ditangkap Polisi

Adi Syam.
TEBOONLINE.COM - Adi Syam bin Sidan, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemkab Tebo di tangkap tim Satuan Reskrim Polres Tebo.

Tersangka ditangkap polisi karena melakukan tindak pidana korupsi menggunakan dana tanah kas desa (TKD) sebesar Rp 100 juta, yang pada saat itu tersangka menjabat sebagai penjabat sementara (Pjs) Desa Sungai Alai Kecamatan Tebo pada tahun anggaran 2014-2015.

Terkait hal Tersebut, Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Maruli Hutagalung, membenarkan atas penangkapan tersebut.

"Ya benar, tersangka kita tangkap karena telah menggunakan dana TKD untuk kepentingan Pribadi," ujar Kasat Reskrim, saat dikonfirmasi pada Rabu (12/7).

Lebih jauh dijelaskan Kasat, bahwa pokok permasalahannya berawal pada saat tersangka menjabat Pjs di Desa Sungai Alai, tersangka menggelapkan uang negara Rp 100 juta lebih untuk kepentingan pribadi. Saat ini tersangka menjabat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Tebo sebagai Kasi Trantip di Kantor Camat Tebo Tengah.

"Pada saat pengajuan dana tersangka akan menggunakan dana TKD tersebut untuk membangun jalan lingkungan. Namun, tersangka menggunakan dana tersebut untuk membayar hutang dan kridit," jelas Kasat

Atas perbuatan tersebut, tersangka dikenakan UU no 8 tentang tindak pidana korupsi pasal 2 dan 3, dengan ancaman diatas 5 tahun penjarara. (crew)

Related News