PT LAJ Bantah Rusak DAS, Widyarsono: PT LAJ, Aset Penting Untuk Kabupaten Tebo

TEBOONLINE.COM – PT Lestari Asri Jaya (PT LAJ), perusahaan yang bergerak dibidang HTI, disebut – sebut masyarakat telah merusak Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah izinnya dengan melaporkannya ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo.

Terkait hal itu, PT LAJ pun angkat bicara menyanggahi atas laporan tersebut seperti yang telah diberitakan sebelumnya. Melalui GM Government Relation, Widyarsono menegaskan bahwa PT LAJ tidak melakukan tindak pengrusakan DAS di wilayah konsesi perusahaan.

“Sebagai pemegang izin konsesi, kami telah melakukan aktifitas – aktifitas pengelolaan serta pemantauan wilayah operasional perusahaan sebagaimana tercantum dalam peraturan yang berlaku,” ujar Widyarsono dalam memberikan hak jawabnya atas pemberitaan PT LAJ di Teboonline.com sebelumnya.

Widyarsono juga menambahkan, bahwa PT LAJ memiliki kebijakan internal mengenai praktik pengelolaan terbaik (Best Practices_red) sebagaimana tercantum dalam dokumen laporan pemantauan air permukaan yang dilakukan secara berkala sesuai dengan dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan dokumen Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) yang merupakan bagian dari dokumen Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) perusahaan yang mendukung kaidah – kaidah konservasi air dan tanah di wilayah konsesi perusahaan.

“Dalam hal ini, PT LAJ sangat tidak mendukung segala bentuk aktifitas yang dapat menimbulkan dampak kerugian baik bagi perusahaan, masyarakat, maupun lingkungan sekitar,” kilahnya lagi, Senin (5/6).

Orang penting di PT LAJ ini juga menekankan bahwa ada perlunya pandangan dari sisi agronomy atau agroforestry. Apakah karet dapat tumbuh dan berkembang di wilayah DAS, serta apakah ada dampaknya terhadap erosi dan banjir.

“PT LAJ ini merupakan asset penting untuk Kabupaten Tebo,” pungkasnya. (crew)  

Related News