Terkait Pencapaian Program Dokter Kecil, Dinkes Tebo Evaluasi Seluruh Puskesmas

TEBOONLINE.COM – Untuk memberikan pemahaman kesehatan sejak dini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo mengadakan Lomba Dokter Kecil tingkat SD. Lomba diikuti 17 peserta perwakilan 17 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Tebo. 

Kabid Kesramas Dinas Kesehatan kabupaten Tebo, Samsul Bahri M.Ph mengatakan bahwa penyelenggaraan tersebut untuk melatih keterampilan baik pengetahuan mengenai kesehatan didalam wadah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bagi anak-anak.

“Selain itu, juga untuk mendapatkan siswa yang berprestasi. Disini adalah prestasinya sehat masalah kesehatan, sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan masalah kesehatan sekolah di Kabupaten Tebo,” kata Samsul saat membuka secara resmi kegiatan Lomba Dokter kecil Tingkat Kabupaten Tebo, Senin (8/5).

Menurut Samsul, mereka yang mengikuti lomba tersebut, merupakan wakil-wakil terpilih dalam seleksi awal di tingkat Puskesmas atau Kecamatan. “Mereka merupakan perwakilan dari masing-masing Puskesmas yang dilakukan melalui seleksi lebih dulu. Dan juara satu di tingkat kecamatan atau Puskesmas itu kemudian diikutkan lomba serupa di tingkat Kabupaten Tebo,” Ujar Samsul.

Samsul juga menambahkan bahwa perlunya para pelajar untuk memahami bagaimana pola hidup sehat yang baik dan benar secara komprehensif. Tak sekedar menjaga kesehatan diri, namun juga siap menjadi agen atau duta yang mampu memberikan sosialisasi di lingkungan sekitarnya, baik di sekolah maupun di masyarakat umum.

“Kepada para peserta yang akan mengikuti seleksi, diharapkan bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya, dan siap mengharumkan nama Sekolahan masing-masing,” ujar Samsul

Selain itu, Lomba Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Tebo tahun 2017 ini juga merupakan upaya Dinas Kesehatan Tebo untuk melihat sejauh mana pembinaan dan peran puskesmas dalam menjalankan program Dokter Kecil di daerahnya masing-masing.

“Ini juga merupkan evaluasi bagi seluruh puskesmas, untuk melihat keberhasilan dalam membina dokter kecil di daerahnya masing-masing,” kata Samsul.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, pola hidup bersih dan sehat akan tumbuh sejak dini sehingga nantinya bisa menjadikan masayrakat kabupaten tebo yang bersih dan sehat,” tuntas Samsul. (crew)


Related News