Ini Dia Keterangan Pihak BPJS Terkait Pengobatan Rifaldo Bocah Penderita Tumor Ganas

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Rifaldo, bocah berusia 5 tahun penderita tumor ganas, anak dari pasangan Syafrizal dan Lismiati warga Desa Teluk Langkap Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo, kini hanya bisa pasrah.

Pasalnya, sejak pulang dari usaha pengobatan di Jambi dan Padang, sampai saat ini Rifaldo dirumah dikarenakan kedua orang tuanya tidak memiliki biaya untuk melakukan pelaksanaan pengobatan yang tergolong mahal bagi Rifaldo meskipun sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Petugas BPJS Center Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Thaha Syaifuddin (RSUD STS) Kabupaten Tebo Yusuf Marzuki saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa pasien BPJS kesehatan sebenarnya tidak dikenakan biaya perobatan. 

"Pasien BPJS, biaya perobatannya sudah ditanggung oleh BPJS kesehatan. Jadi tidak ada lagi biaya yang harus dibayar atau ditanggung oleh pasien," ujar Yusuf.

Dikatakan lagi oleh Yusuf, sebelumnya disini memang ada pasien BPJS yang bernama Rifaldo yang menderita tumor ganas dibagian perut. Namun sudah dirujuk ke jambi untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

"Sudah kita rawat di RSUD STS Tebo tanpa dikenakan biaya, Kemudian pasien  di rujuk ke Jambi," Sebut Yusuf.

Namun ketika dijelaskan bahwa Rifaldo setelah dari RSUD Tebo dirujuk ke Jambi dan kemudian dirujuk ke Padang, namun saat berobat di rumah sakit Padang Rifaldo harus membayar biaya cek kesehatan sebesar Rp 2,25 juta, Yusuf memaparkan bahwa sebenarnya tidak ada biaya yang dibebankan kepada pasien BPJS.

Kalau pun ada, seharusnya ada koordinasi yang jelas antara pihak BPJS setempat. Artinya pihak keluarga Rifaldo berkoordinasi dahulu dengan pihak BPJS disana (Padang, red).

"Yang jelas kalau kewajiban kita di Tebo, sudah kita laksanakan. Tidak ada biaya sepeserpun yang dibebankan kepada Rifaldo  semua biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS. Namun kalau itu di Padang, kita tidak punya wewenang dan Itu kewenangan BPJS disana," terangnya.

Saat ditanya apa tindakan dari pihak BPJS kesehatan atas pelayanan kesehatan terhadap Rifaldo, Yusuf membeberkan bahwa pasien bisa berobat kembali dan melakukan perawatan di RSUD Tebo seperti sebelumnya.

"Silahkan bawa berobat kembali kesini (RSUD STS Tebo, red). Akan kita fasilitasi," tukasnya. (crew)

Related News