Terkait Amdal, KLH Tebo Bakal Panggil Semua Perusahaan

EKO PUTRA.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Untuk memastikan bahwa seluruh perusahaan di Kabupaten Tebo mematuhi dan memiliki izin Analisi Dampak Lingkun (Amdal), Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tebo akan memanggil seluruh perusahaan dan melakukan inventarisir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tebo mengatakan bahwa pihak LH diawal tahun ini melakukan inventarisasi perusahaan unruk menayangkan izin Amdalnya.

"Kita akan lakukan inventarisasi, kita akan memanggil semuanya, dan yang sudah di panggil kemarin baru perusahaan perkebunan dan minyak," imbuhnya pada teboonline.com.

Dijelaskannya lagi bahwa selain perkebunan dan minyak, pihak LH juga akan memanggil pihak perusahaan batu bara, sebab untuk batu bara hingga saat ini terkait Amdal masih menjadi kewenangan LH untuk pengawasannya.

"Untuk perusahaan batu bara juga akan kami panggil, karena fungsi pengawasan amdal batu bara masih jadi kewenangan kita," bebernya.

Sementara itu, untuk diketahui sesuai data akhir tahun lalu bahwa jumlah perusahaan yang masih melakukan produksi yaitu PT DBS dan PT AAA, adapun termasuk kedua perusahaan ini ada 23 Perusahaan Batu Bara yang beroperasi di Kabupaten Tebo.

Selain itu, dengan adanya Perubahan nomenklatur dampak UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah berdampak besar terhadap pengawasan aktivitas perusahaan tambang batubara di Kabupaten Tebo. Pasalnya sejak keluarnya UU ini, Dinas ESDM Tebo tak memiliki lagi kewenangan pengawasan terhadap perusahan tambang batubara yang ada, alhasil selain Amdal, untuk pengawasan terkait produksi maupun lainnya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi. (crew)


Related News