Pemkab Tebo Anggarkan Rp 21,2 Miliar untuk Gaji Tenaga Kontrak

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pemkab Tebo pada tahun 2017 ini telah menyiapkan anggaran untuk pembayaran gaji tenaga kontrak sebesar Rp 21,2 Miliar. Anggaran tersebut besarannya masih sama seperti ditahun 2016 lalu.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Tebo, Nazar Efendi menjelaskan, dari anggaran yang dialokasikan untuk pembayaran tenaga kontrak Pemkab Tebo yang paling banyak ditenaga guru, rumah sakit dan puskesmas.

"Untuk nilainya masing-masing tiap orang sebesar Rp 1 juta," katanya meyakini.

Sementara itu, saat disinggung terkait adanya informasi keterlambatan dalam pembayaran gaji tenaga kontrak, hal tersebutpun tidak ditampiknya. Nazar mengakui beberapa bulan terakhir ada penundaan pembayaran gaji tenaga kontrak.

"Memang iya, tapi bukan terlambat. Kemarin itu ada penundaan saja," ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa tertundanya pembayaran gaji tenaga kontrak disebabkan belum adanya perubahan data tenaga kontrak secara berkala ditiap OPD. Akibatnya lanjut Nazar, bendahara keuangan kesulitan mencairkan anggaran tersebut.

"Masalahnya belum ada pendataan secara berkala. Jadi bendahara juga tidak berani membuat SPJnya," kata Nazar lagi.

Sejauh ini, pencairan atau pembayaran gaji tenaga kontrak semuanya sudah dicairkan. Bahkan untuk pembayaran gaji bulan Maret yang dibayarkan pada April mendatang sudah disiapkan.

"Kalau di OPD kita semua sudah dibayarkan," sebutnya.

Berdasarkan data laporan tiap OPD di  Pemkab Tebo, sedikitnya ada ribuan tenaga kontrak yang saat ini masih berstatus honor. Sementara itu, diluar tenaga kontrak Pemkab Tebo juga masih memiliki SDM ditiap OPD dengan status Tenaga Kontrak Sukarela (TKS). (crew)


Related News