Soal Hasil Survei, Charta Politika Siap Adu Data

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Jika ada yang tidak berkenan dengan hasil survey yang menunjukan bahwa pasangan calon kepala daerah (paslon) Sukandar- Syahlan yang unggul jauh dibandingkan paslon Hamdi- Harmain.

Sebagaimana yang diberitakan banyak media, baik media cetak maupun media elektronik beberapa terakhir, pihak lembaga survey Charta Politika siap mengadu data. Hal ini diungkapkan oleh Muslimin, Manajer Riset Charta Politika sewaktu dikonfirmasi awak media kemarin.
"Ini hasil survey yang kita lakukan. Jika ada yang tidak berkenan, mari data lawan data, ilmiah lawan ilmiah," ujarnya.

Lanjutnya, menjelang pencoblosan pilkada tebo, tingkat keterpilihan pasangan Sukandar- Syahlan jauh meninggalkan lawannya. Sukandar- Syahlan dipilih oleh 47,6 persen diatas Hamdi- Harmain. Sebanyak 15,6 persen responden menyatakan tidak tahu/ tidak jawab (TT). Pada pengujian dengan simulasi kertas suara, pasangan nomor urut dua, Sukandar- Syahlan dipilih oleh 54,1 persen responden diatas Hamdi- Harmain  36,9 persen.

"Sebanyak sembilan persen responden menyatakan Golput (golongan putih alias tak menggunakan hak suara)," beber muslimin lagi.

Lalu, dari sisi penilaian responden terhadap pribadi calon, Sukandar dinilai lebih perhatian, jujur, mampu memimpin, dan tegas dibanding Hamdi.

"Ketika dilakukan pengujian dengan memberikan kertas suara keresponden, pasangan Sukandar- Syahlan naik tajam perolehan elektabilitasnya," jelasnya.

"Jika tidak ada kejadian yang luar biasa, keunggulan Sukandar- Syahlan diperkirakan sulit tergoyahkan hingga hari pencoblosan pada 15 Februari 2017 mendatang. Pasalnya, tingkat kemantapan pemilih terhadap pasangan ini juga sangat tinggi. Yakni 74,3 persen dari 47,6 persen pemilih mantap memilih Sukandar- Syahlan, sementara pasangan Hamdi- Harmain lebih rendah yakni 65,6 persen dari 36,8 persen yang memilih," pungjssnya. (husni)

Related News