Pleno KPU, Suka-Syahlan Raih Suara Terbanyak, Tim Hamdi-Harmain Bakal Gugat Ke MK & DKPP

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Rapat pleno penghitungan suara hasil rekapitulasi Pilkada serentak 2017 pasangan Suka-Syahlan unggul di Pilkada Tebo. Sementara itu, saksi pasangan calon Hamdi-Harmain mengajukan keberatan dalam formulir DB 2.

Pimpinan Rapat Pleno Terbuka, Fadli anggota komisioner KPU Tebo Devisi Teknis mengatakan bahwa rapat pleno telah selesai dilaksanakan, dan saksi pasangan calon Hamdi-Harmain maupun saksi Suka-Syahlan telah melakukan penandatanganan pada hasil rekapitulasi Pilkada Tebo 2017, hanya saja saksi Hamdi-Harmain mengajukan keberatan.

"Alhamdulillah pleno sudah selesai, semua saksi ikut menanda tangani hasil pleno, namun untuk saksi pasangan calon nomor satu mengajukan keberataan dalam formulir DB 2," ujar Fadli usai Rapat Pleno Terbuka.

Saksi pasangan calon nomor satu Hamdi-Harmain, Syamsurizal yang akrab disapa Iday usai pleno dikonfirmasi awak media menjelaskan bahwa poin-poin keberatan yang diajukan melalui formulir DB 2 yaitu mulai terkait DPT maupun adanya masyarakat aliran batanghari yang tidak mendapatkan hak pilihnya.

"Mulai dari DPT yang mengalami pengurangan sekitar 15 Ribu dari DPT Pilgub sebelumnya, selain itu juga adanya 27 Ribu masyarakat aliran batanghari yang tidak bisa memberikan hak suaranya, bahkan terdapat 9 Ribuan mata pilih ganda. Semua itu dinilai merupakan upaya sistematis, terstruktur, dan masif yang dilakukan oleh KPU, dan terkait hasil ini kami akan mengajukan gugatan ke MK, sedangkan proses pilkada yang dilakukan penyelenggara akan kami ajukan gugatan ke DKPP," ujar Iday.

Sementara itu, saksi pasangan calon nomor urut dua Suka-Syahlan menilai bahwa pleno sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, dan pihaknya mengucapkan terimakasih atas kinerja penyelenggara Pilkada Tebo, sedangkan terkait rencana gugatan ke MK dan DKPP oleh paslon nomor satu, pihaknya menilai bahwa hal tersebut adalah hak paslon.

"Pleno sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, dan soal rencana gugatan itu hak mereka. Dan pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara, sehingga Pilkada Tebo Berjalan dengan lancar," ujar Wartono.

Sementara itu, Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Tingkat Kabupaten Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tebo, pasangan Hamdi-Harmain memperoleh suara 73.263, pasangan Suka-Syahlan 90.963. Dari hasil pleno tersebut maka pasangan nomor urut dua Suka-Syahlan mendapatkan suara terbanyak pada Pilkada Tebo 2017.

Pelaksanaan pleno yang digelar KPU Kabupaten Tebo di Aula Utama Kantor Bupati Tebo pada Rabu (22/2) juga diwarnai aksi demo dari masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Tebo Bersatu (GMTB). (crew)

Related News