2017, ADD Satu Desa Dapat Rp 2 Miliar. Suyadi : Paling Cepat April Sudah Cair

SUYADI,SH.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pencairan Dana Desa pada Tahun 2017 dipastikan tidak bisa dilakukan awal tahun. Hal tersebut dikarenAkan Pemdes harus terlebih dahulu menyerahkan APBDes.

Hal tersebut langsung dikatakan oleh Peltu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tebo, Suyadi. Dirinya mengatakam bahwa pencairan Dana Desa baik yang dari pusat maupun dari APBD Kabupaten Tebo bisa dilakukan paling cepat April 2017 nanti.

"Untuk dana desa, kemungkinan pencairannya paling cepat pada bulan April mendatang, hal tersebut dikarenakan Pemdes harus menyiapkan APBDes terlebih dahulu," ujar Suyadi.

Ditanya mengenai besaran Dana Desa dari Pemerintah Pusat, Suyadi mengatakan bahwa tahun ini mengalami peningkatan sebesar Rp 753 juta hingga Rp 906 juta untuk satu desa.

"Jadi untuk dana desa dari pusat, besarannya dari Rp 753 juta hingga 906 juta per desa," kata Suyadi.

Sedangkan untuk dana desa dari APBD Tebo, jumlah tidak kalah jauh dari dana desa dari pusat bahkan lebih besar.

"Kalau untuk dana desa dari APBD jumlahnya bahkan lebih besar, jumlahnya dari Rp 483 juta hingga Rp 1,028 miliar perdesanya," ungkap Suyadi.

"Jadi dipastikan bakal ada desa yang akan menerima Dana Desa hingga 2 miliar rupiah jika ditambahkan dengan bagi hasil pajak," tambah Suyadi.

Namun Suyadi juga menegaskan bahwa nantinya sebelum pencairan Dana Desa, para perangkat desa akan diberikan pembekalan dalam menyusun APBDes dan melakukan pengelolaan Dana Desa.

"Yang jelas, para perangkat desa nantinya akan kita berikan Pembekalan terlebih dahulu sebelum pencairan Dana Desa, agar dalam pengelolaannya bisa dilakukan secara baik dan maksimal," tuntas Suyadi. (crew)


Related News