Monday, December 19, 2016

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pj Bupati Tebo Agus Sunaryo menyatakan sikap optimisnya terkait serapan anggaran tahun 2016 hingga akhir Desember nanti bisa mencapai 100 persen.

"Akhir Desember nanti saya rasa bisa 100 persen," kata Agus meyakini.

Agus tidak menampik jika sekarang ini serapan anggaran yang ada ditiap SKPD persentasenya berfariatif. Hal ini disebabkan masih ada beberapa proyek atau program yang sedang berjalan.

"Ya persentasenya antara 70 hingga 85 persenlah. Mudah-mudahan akhir tahun semua kelar," kata Agus lagi pada Teboonline.com.

Sementara itu, saat disinggung beberapa SKPD besar seperti Dinas PU yang hingga kini serapannya masih minim, Agus justru membantah.

Dirinya bilang SKPD seperti PU bahkan serapannya sudah diatas rata-rata. Bahkan jika persentase serapan yang ada ditambah dengan beberapa proyek besar yang tengah berjalan mungkin sudah diatas 90 persen.

"Itu kalau dipersentasekan dengan proyek fisik besar yang sedang berjalan mungkin sudah 90 persen," sebutnya.

Sedangkan untuk SKPD lainnya lanjut Agus, serapannya sudah ada yang Diatas 90 persen.

"Seperti Badan Ketahanan Pangan ini sudah 99 persen SKPD yang lain juga sama," sebutnya.

Seperti berita sebelumnya diketahui serapan APBD Kabupaten Tebo 2016 hingga akhir Oktober baru mencapai 55 persen. Padahal waktu yang tersisa tinggal 45 hari hingga akhir 2016 mendatang.

Aggaran sebesar Rp 1,04 triliun 2016 ternyata masih terkendala pada serapan dikegiatan fisik.

"Penyerapan anggaran fisik kita memang masih rendah," kata Agus Sunaryo, Pj Bupati Tebo mengakui.

Disampaikan Agus, kegiatan fisik ini sampai saat ini masih berlangsung jelang atau mendekati akhir tahun.

Dirinya baru saja menggelar rapat tertutup dengan semua SKPD terkait laporan pelaksanaan program kerja (LPPK) yang dirasa realisasinya masih minim. Disinggung SKPD mana yang serapannya masih rendah, Agus bilang ada beberapa SKPD yang serapannya rendah, salah satunya adalah Dinas PU.

"Beberapa proyek fisik di Dinas PU saat ini masih berlangsung. Dan untuk SKPD lainnya sudah saya himbau untuk mamacu lagi serapan anggaran tersebut," tandasnya. (crew)