APK Rusak Hingga Kini Tak Kunjung Diperbaiki

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO -  Memasuki pertengahan bulan november tahun ini, masih banyak terlihat Alat Peraga Kampanye (APK) yang rusak dan Tumbang akibat dari buruknya cuaca yang terjadi beberapa waktu terakhir ini.

Meskipun sudah ada kesepakatan untuk memperbaiki antara tim paslon dengan KPU Tebo terkait keadaan APK, pantauan dilapangan pada minggu (13/11) kemarin masih banyak APK paslon baik itu pasangan nomor 1 Hamdi-Harmain dan paslon nomor 2 Suka-Syahlan masih banyak yang Tumbang namun tidak diperbaiki.

Seperti yang dikeluhkan Iman, salah satu warga Tebo yang didepan rumahnya di pasang APK kepada Teboonline.com mengaku merasa risih dengan keadaan yang Tumbang. Dirinyapun berharap siapapun pihak terkait yang memiliki wewenang penuh terhadap APK agar cepat melakukan perbaikan.

"Melihat APK banyak yang rusak siapa yang nyaman. Ini harus cepat diperbaiki," ujarnya.
Saat ditanya kenapa tidak melakukan perbaikan sendiri, dirinya mengaku tidak ada pihak KPU Tebo maupun tim dari masing-masing Paslon yang memberikan instruksi untuk melakukan perbaikan, jadi merasa tidak berani karena untuk keadaan tersebut jelas sudah ada pihak berwenang yang sudah diberikan mandat sebelumnya.

"Kalau masalah itukan (Perbaikan APK, red) sudah ada pihak yang seharusnya melakukan perbaikan, jadi seharusnya cepat dilakukan," sebutnya.

Sebelumnya, pihak komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Tebo dengan cara menyediakan spanduk hingga sesebatan telah memberikan arahan terkait adanya keberadaan APK yang seharusnya dirawat oleh tim masing-masing paslon kedua tim.

Ketua KPU Tebo, Basri melalui komisionernya Riance Juskal kepada awak media mengenai keadaan APK sebelumnya pernah memaparkan bahwa untuk penyediaan APK sudah dilaksanakan dan dari pihak KPU kabupaten Tebo juga telah menyediakan keperluan APK masing-masing Paslon hingga pemasangan ke tiap-tiap titik yang telah ditentukan.

"Pemasangan APK yang semestinya dipasang seperti umbul-umbul, Baleho dan spanduk sudah dipasang dan sesuai dengan titik yang telah ditentukan diwilayah kabupaten Tebo," ujar Rian sapaan Riance juskal.

Selain itu, dirinya juga menegaskan bahwa saat dilakukannya pemasangan, pihaknya sudah tidak lagi memiliki hak terhadap keadaan APK permasing-masing paslon karena sesuai dengan ketentuan yang telah dilaksanakan antara KPU Tebo dan masing-masing Paslon, kesepakatan untuk APK apabila ada kerusakan maka yang berhak memperbaiki adalah paslon yang APK nya mengalami kerusakan.

"Untuk APK yang rusak, pertanggung jawaban perbaikan kembali kepada paslon yang APK nya mengalami kerusakan karena untuk pertanggung jawaban KPU Tebo hanya sebatas pada pemasangan APK seperti umbul-umbul dan sejenisnya," jelasnya.

Rian pun berharap bila ada APK paslon yang rusak karena untuk saat ini sudah kita ketahui sendiri bahwasanya beberapa hari belakangan ini keadaan cuaca memang sedang buruk, bagi tim paslon yang mengetahui bila ada APK paslonnya yang rusak agar cepat dilakukan perbaikan demi kenyamanan dan ketertiban jelang pilkada nantinya.

"Untuk para tim yang mengetahui APK paslonnya yang rusak agar cepat melakukan perbaikan," sebutnya. (crew)


Related News