Waow… 28 Unit Mobnas Pemkab Tebo Bakal Dilelang

Tim KPKNL saat mengecek Mobnas Pemkab Tebo yang akan dilelang.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pemerintah Kabupaten Tebo dalam waktu dekat akan melelang sedikitnya 30 unit kendaraan dinas berupa mobil dan motor. Dari jumlah tersebut, 28 diantaranya adalah mobil jenis Nissan Torano, Kuda, Kijang dan dua unit sepeda motor.

Untuk menentukan harga minimal lelang 30 unit kendaraan dinas tersebut, Pemkab Tebo kemudian mengusulkan kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jambi untuk mengecek langsung kondisi kendaraan dinas tersebut.

Ketua Tim KPKLN, Heru Prayogo dikonfirmasi disela-sela pengecekan kendaraan dinas di rumah dinas Bupati Tebo, Rabu (19/10) mengatakan, sesuai dengan usulan dari Pemkab Tebo, tim KPKLN langsung turun mengecek kondisi kendaraan dinas yang diusulkan lelang sebanyak 30 unit.

"Sudah dua hari ini kita cek satu-satu sesuai dengan jumlah yang disampaikan ke KPKLN. Pengecekan mulai dari surat-surat hingga kindisi kendaraan," ujar Heru.

Dijelaskannya, pengecekan yang dilakukan oleh tim KPKLN hanya sebatas untuk menentukan nilai wajar harga kendaraan. 

"Tugas kita hanya menghitung berapa nilai wajar kendaraan yang akan dilelang tersebut. Tapi harga itu nanti bisa saja ditambah atau dikurangi oleh Pemkab, karena memang Pemkab yang menentukan. Intinya kita hanya menghitung nilai wajar harga kendaraan sesuai dengan kondisinya," jelasnya.

Ditanya terkait hasil pengecekan, Heru mengatakan bahwa rata-rata kendaraan yang akan dilelang sudah banyak mengalami kekurangan, bahkan ada juga yang rusak. Hanya saja, penilai nanti tetap akan disesuaikan dengan kondisi sebenarnya.

"Akan disesuaikan dengan kondisi kendaraannya. Nanti tetap tim aset yang menentukan harga, inikan sebagai langkah penghapusan aset yang nanti hasil lelang akan masuk PAD Tebo," jelasnya lagi.

Ditanya kapan akan dilakukan pelelangan untuk 30 unit kendaraan dinas tersebut, Heru mengatakan bahwa untuk waktu pelelangan tetap Pemkab yang akan nenentukan. Yang jelas pihaknya punyak waktu 15 hari untuk menghitung berapa nilai harga setiap kendaraan yang diusulkan. Ia menambahkan, untuk umur kendaraan yang diusulkan lelang rata-rata berumur 8-10 tahun. (crew)


Related News